Marrin News

Wali Kota Tual Serahkan Bantuan Kemensos Bagi Ahli Waris 10 Korban Hilang Asal Kur

Wali Kota Tual, Adam Rahayaan, S. Ag., M. Si., menyerahkan bantuan sosial dari Kemensos RI kepada ahli waris dari 10 korban hilang asal Kur, Sabtu (12/12/2020) sore. Foto: Nick Renleuw.

Tual, Marrinnews.com – Wali Kota Tual, Adam Rahayaan, menyerahkan bantuan sosial dari Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia kepada ahli waris dari 10 korban asal Pulau-Pulau Kur yang dinyatakan hilang dalam sebuah pelayaran dengan menggunakan speed boat beberapa bulan lalu.

Acara penyerahan bantuan berlangsung di Aula Balai Kota Tual, Sabtu (12/12/2020) sore. Jumlah bantuan yang diberikan adalah sebesar Rp. 15.000.000 (lima belas juta rupiah) per masing-masing korban.

Kepala Dinas Sosial Kota Tual, Mansur Latar menjelaskan, bantuan yang diterima dari Kementerian Sosial tersebut merupakan bantuan sosial yang memang dikhususkan untuk kejadian bencana sosial.

“Jadi anggaran (bantuan bencana sosial) ini memang sudah ada, stand by. Setiap kejadian bencana sosial itu di Kementerian Sosial sudah ada dananya. Tinggal bagaimana kita dari daerah merespons dana itu. Setiap kali kita ke sana membawa proposal ya mereka akan keluarkan dana itu,” jelasnya.

Lebih lanjut Mansur mengungkapkan, pencairan bantuan tersebut bisa terjadi atas kerja sama berbagai pihak. Ia menjelaskan, selain mendapatkan informasi kejadian bencana dari insan pers, pihak keluarga korban juga menginformasikan kejadian tersebut secara langsung kepada pihaknya.

“Sehingga kami turun langsung ke lapangan untuk cek bahwa benar-benar terjadi (bencana) atau tidak. Nah setelah kami mengecek semua, kami mengambil data, kami menyampaikan proposal ke (pemerintah) pusat baru dananya bisa turun sesuai dengan ketentuan yang ada di Kementerian Sosial,” urainya.

Mansur juga menyinggung terkait durasi waktu antara kejadian bencana dan pencairan bantuan. Ia menjelaskan, kejadian bencana sosial yang menimpa 10 warga Pulau-Pulau Kur terjadi pada awal bulan Juli lalu. 

“Namun anggarannya sampai saat ini baru turun karena Covid-19 juga jadi kami tidak bisa berangkat (untuk menyampaikan proposal), akhirnya kami berangkat waktu itu bulan September, kemudian Desember ini kita sudah bisa salurkan,” ujarnya.

Kepala Dinsos Kota Tual, Mansur Latar, SE usai diwawancara Marrinnews.com usai acara penyerahan bantuan dari Kemensos RI di Aula Balai Kota Tual, Sabtu (12/12/2020) sore. Foto: Nick Renleuw.

Sementara itu, sesaat sebelum menyerahkan bantuan kepada ahli waris korban, Wali Kota Tual Adam Rahayaan menegaskan bahwa berapa pun nilai bantuan yang diberikan pemerintah, tetap saja tidak sebanding dengan rasa duka mendalam yang dialami keluarga atas hilangnya para korban. Meski demikian, ia berharap agar bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik.

“Mudah-mudahan keluarga yang hilang itu kita doakan mendapat tempat yang layak di sisi kanan Allah SWT. Saya Wali Kota Tual menyerahkan bantuan dari Kementerian Sosial per orang lima belas juta rupiah,” pungkas Rahayaan sebelum menyerahkan bantuan. (Nick Renleuw)

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar