Marrin News

Pengendalian Inflasi di Tengah Pandemi Covid-19, Wali Kota: Alhamdullilah, Tual Zona Hijau

Wali Kota Tual, Adam Rahayaan. FOTO/Dok. Istimewa

Tual, Marrinnews.com – Wali Kota Tual, Adam Rahayaan, S.Ag., M.Si., mengingatkan bahwa kebijakan pengendalian inflasi daerah di Kota Tual tahun 2020 turut berbarengan dengan suasana dan kondisi nasional penanganan pandemi Covid-19. Kondisi tersebut, menurutnya, turut memberikan dampak terhadap perkembangan tingkat inflasi di daerah.

Hal tersebut diungkapkan Rahayaan saat membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) Bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Maluku dengan TPID Kota Tual dalam rangka kesiapan menghadapi hari besar keagamaan nasional Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Rakor tersebut berlangsung di Aula Balai Kota Tual, Jumat (11/12/2020).

“Di awal tahun 2020 sampai dengan saat ini, di tengah pelaksanaan pembangunan daerah, kita menghadapi tantangan pandemi Covid-19 yang mendunia, yang sudah tentu ikut mempengaruhi berbagai kebijakan pembangunan di daerah baik dari aspek perencanaan dan penganggarannya,” ungkapnya.

Menurut Wali Kota Tual, selama masa darurat pandemik ini, pemerintah daerah telah menyesuaikan berbagai kegiatan pembangunan sesuai prioritas arah dan kebijakan pemerintah pusat dalam upaya percepatan penanganan Covid-19 di daerah.

Langkah penyesuaian tersebut, sambungnya, terutama berlaku pada tiga bidang sasaran yaitu: bidang kesehatan, bidang jaring pengaman sosial serta bidang pemberdayaan dan penguatan ekonomi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Kebijakan pemerintah pusat terkait percepatan penanganan pandemi Covid-19 ini turut berdampak terhadap kebijakan daerah terutama dalam perencanaan dan penganggaran tahun 2020,” terangnya.

Dalam konteks itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Tual turut menyesuaikan perencanaan anggaran dengan melakukan refocusing dan realokasi dalam rangka percepatan penanganan pandemi Covid-19 di Kota Tual.

“Alhamdulillah atas dukungan dari berbagai pihak, Kota Tual saat ini berada di Zona Hijau pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Menurutnya, keberadaan Kota Tual dalam kategori Zona Hijau pandemi Covid-19 atas salah satu cara turut berkontribusi terhadap fokus Pemkot Tual terkait berbagai kebijakan pengendalian inflasi di daerah.

Meski demikian, Rahayaan mengingatkan untuk tetap mempertegas protokol kesehatan kepada seluruh masyarakat termasuk jajaran pemerintahan, untuk selalu tertib dan berdisiplin dalam menggunakan masker, menjaga jarak interaksi komunikasi langsung, dan membiasakan mencuci tangan dengan sabun.

“Atas kondisi ini kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang ikut serta berperan dalam percepatan penanganan pandemik ini, terutama kepada Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tual yang telah banyak memberikan kontribusi waktu, pikiran dan tenaga untuk penanganan dan pengendalian Covid-19 di Kota Tual,” pungkasnya. (Nick Renleuw)

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar