Marrin News

Pemkab Malra Gelar Pasar Murah Sembako dan Operasi Mitan, Bupati Ingatkan Hal Ini

Bupati Maluku Tenggara, Muhamad Thaher Hanubun membuka dan melepas Tim Pelaksana Pasar Murah dan Operasi Minyak Tanah di Pelataran Kantor Bupati, Kamis (10/12/2020). FOTO/Dok. Ghege

Langgur, Marrinnews.com - Menyambut Perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara menggelar pasar murah sembilan bahan pokok dan operasi minyak tanah. Gelaran ini diprakarsai sepenuhnya oleh Dinas Perindustrian dan Ketenagakerjaan. 

Bupati Maluku Tenggara, Muhamad Thaher Hanubun membuka dan melepas secara resmi kegiatan tersebut, Kamis (10/12/2020), bertempat di pelataran Kantor Bupati Malra. 

Bupati dalam amanahnya saat itu menyatakan, pelaksanaan pasar murah dan operasi Pasar minyak tanah merupakan program Pemerintah Daerah, yang secara rutin dilaksanakan menjelang perayaan hari-hari besar Keagamaan, terlebih khusus Perayaan Hari Raya Idul Fitri dan Perayaan Natal serta Tahun Baru. 

"Program ini adalah bentuk kepedulian sekaligus kewajiban Pemerintah Daerah kepada masyarakat, guna membantu mengurangi beban hidup masyarakat, lebih khusus menjelang Perayaan Hari Besar Keagamaan. Mengingat harga barang, khususnya sembilan bahan pokok semakin tinggi yang disebabkan oleh tingginya permintaan," kata Thaher. 

Thaher menjelaskan, mekanisme pelaksanaan pasar murah untuk sembako dan Opas mitan kali ini, sama seperti saat menjelang Perayaan Idul Fitri kemarin. Dengan begitu, menjelang perayaan hari raya Natal 2020 ini, menyasar ke masyarakat Kristiani yang benar-benar membutuhkan uluran tangan Pemda. 

"Target Pasar Murah saat ini adalah pada Ohoi-Ohoi yang penduduknya mayoritas beragama Kristiani di daerah ini. Pasar murah dan Opas ini, juga menyasar masyarakat di Ohoi-Ohoi di Pulau Kei Besar," sebutnya.

Hanubun menegaskan, Pemerintah Daerah telah berkomitmen untuk selalu hadir dalam berbagai persoalan yang dialami masyarakat, khususnya guna menjawab kebutuhan masyarakat. 

Lewat pelaksanaan pasar murah ini diharapkan dapat menyeimbangkan kondisi pasar sehingga mampu menekan harga ditengah-tengah tekanan hidup yang semakin kompleks, sebagai akibat dari Pandemi Covid-19 yang melanda dunia. Lebih dari itu, dapat memberi manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat Maluku Tenggara. 

"Saya berharap, sekiranya masyarakat dapat memanfaatkan momentum ini dengan sebaik-baiknya. Saya berharap juga, kiranya saudara-saudara Umat Muslim dapat memberikan akses seluas-luasnya kepada Umat Kristiani dalam memanfaatkan Pasar Murah dan Operasi Pasar Minyak Tanah yang diselenggarakan ini," ujar Bupati seraya mengingatkan. 

Bupati Thaher menandaskan, memangbenar bahwa kenaikan harga barang turut dirasakan oleh seluruh masyarakat, tidak hanya Umat Kristiani tetapi juga Umat Muslim dan Umat beragama lainnya.

Meski begitu, ia berharap, adanya pengertian baik Umat Non Kristiani agar memberikan ruang kepada Umat Kristiani dalam mengakses Pasar Murah dan Operasi Pasar Minyak Tanah yang diselenggaraka saat ini. (Ghege) 

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar