Marrin News

DKPP Malra Salurkan Bantuan Pangan Lokal dan Bibit untuk 800 KK

Penyerahan Bantuan oleh Ketua Tim PKK Kabupaten Maluku Tenggara di Pelataran Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Senin (7/12/2020). Foto/Dok. Fredy Jamrewav. 

Langgur, Marinnews.com - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian bekerjasama dengan Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Maluku Tenggara, menyalurkan sejumlah bantuan pangan dan bibit kepada 800 kepala keluarga. 

Penyaluran tersebut telah dilangsungkan pada Senin (7/12/2020) di pelataran DKPP Malra. Pada kesempatan itu, Ketua PKK Malra Eva Eliya Hanubun menyerahkan secara simbolis bantuan dimaksud. Turut mendampingi, Kepala Dinas KPP Malra, Felix Bonus Tethol. 

Bantuan yang disalurkan, berupa 4 ton paket enbal baubes (pangan lokal), benih komoditi holtikultura dan hasil kebun Ve'e Kes Yang. 

Kepala Seksi Konsumsi Pangan Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan DKPP Malra, Leny Elwarin mengatakan, paket enbal baubes diberikan kepada masyarakat marginal di wilayah perkotaan. Diantaranya, di Ohoi Ohoijang, Watdek, dan Kelurahan Ohoijang Watdek.

"Penerima di Watdek sebanyak 178 KK, Ohoijang 205 KK, dan Kelurahan Ohoijang Watdek 397 KK, jadi total 800 kk yang menerima dengan jumlah enbal 4 ton," sebutnya. 

Leny menjelaskan, enbal baubes yang disalurkan itu diperoleh dari kelompok-kelompok binaan, yakni kelompok Makmur di Ohoi Debut, kelompok Dit El Ngamas di Dian Pulau, kelompok El Hamar Ohoi Laon, dan kelompok Sarwut di Ohoi Ngabub.

Sementara itu, Kepala Seksi Produksi Holtikultura-Bidang Holtikultura, Marthen Jaftoran mengungkapkan, penyerahan bibit komoditi holtikultura kepada warga adalah program pemerintah pusat. 

Bantuan itu sendiri, jelas dia, diserahkan kepada kelompok gapoktan dan poktan di sembilan Kecamatan, meliputi 28 desa (Ohoi) d negeri berjuluk Larvul Ngabal ini. Adapun bibit tanaman holtikultura, seperti jagung manis, cabe rawit, kangkung, terung, kacang panjang, sawi, tomat dan ketimun. 

Sedangkan, hasil dari Ve'e Kes Yang (lokasi Ohoi Semwai), berupa ubi jalar (petatas) sebanyak 1,5 ton dibagikan ke warga di kawasan Pokarina dan Ohoibun Pantai. 

"Pembagian hasil kebun Ve'e Kes Yang hari ini sudah kesekian kalinya kepada warga. Mengingat, hal ini merupakan salah tujuan dari adanya Ve'e Kes Yang, dimana masyarakat marginal sasaran kita," kata Marthen.

Ketua Tim Penggerak PKK Malra, Eva Eliya Hanubun dalam sambutannya menegaskan, pangan adalah kebutuhan dasar bagi manusia yang harus dipenuhi oleh pemerintah dan masyarakat.

"Pemberian enbal baubes kepada warga ini merupakan salah satu kegiatan diversifikasi pangan untuk memvariasikan makanan yang dikonsumsi masyarakat. Sehingga tidak hanya fokus pada satu jenis makanan saja," katanya.

Eva berharap, warga Malra dapat memanfaatkan potensi lahan yang dimiliki untuk membudidayakan komoditi ubi kayu sebagai bahan baku enbal baubes secara komersial. (Ghege) 

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar