Marrin News

Uskup Agung Merauke dan Bupati Malra Resmikan PAUD/TK BMS Langgur

Uskup Agung Metropolitan Merauke Mgr. Petrus Canisius Mandagi dan Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun Melakukan Pengguntingan Pita Peresmian Gedung PAUD/TK Beata Maria Serefina Langgur, Senin (16/11/2020). FOTO/Dok. Chemo Labetubun. 

Langgur, Marrinnews. com - Uskup Agung Metropolitan Merauke Mgr. Petrus Canisius Mandagi dan Bupati Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanubun meresmikan gedung PAUD/TK Beata Maria Serifina (BMS) di Langgur, Senin (16/11/2020). 

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Uskup Agung Merauke yang juga adalah Administrator Apostolik Keuskupan Amboina dan Bupati Thaher Hanubun. 

Turut mendampingi, Wakil Uskup wilayah Kei Kecil RD. Eko Reyaan, Wakil Uskup wilayah Kei Besar RP. Frans Somar dan Kepala Dinas Pendidikan Malra Clemens Welafubun. 

Gedung PAUD/TK Beata Maria Serifina berlokasi di lingkungan Biara Suster Para Malaikat Langgur. 

Kepala Biara Suster Para Malaikat, Suster Cecilia mengatakan, PAUD BMS berdiri sejak tahun 2017 atas izin operasional dari Dinas Pendidikan Maluku Tenggara. 

"Sejak mendapat izin operasional itu, komunitas mulai mengumpulkan anak-anak usia dini. Ada 10an anak yang mendaftar, tetapi hanya tujuh anak yang aktif belajar," ungkap Cecelia.

Suster Cecelia mengaku, meski saat itu PAUD BMS hanya diisi oleh 7 anak itu, tetapi pihaknya tak pernah putus asa. Misi tetap dilanjutkan, hingga akhirnya pada tahun 2018, anak-anak di PAUD ini bertambah menjadi 20 orang. 

Di tahun yang sama, tepatnya pada 5 Mei, atas bantuan Ayu Reyaan, PAUD/TK BMS secara resmi mendapat izin dari pusat pendidikan. 

"Dengan izin itu kami lalu tambah bersemangat untuk menjalankan misi dan pelayanan dengan membangun gedung PAUD bagi anak-anak di Maluku Tenggara, khususnya di Langgur," katanya. 

Menurut dia, bangunan ruang belajar dan kantor PAUD tersebut mulai dibangun pada November 2019 dan rampung pada Agustus 2020. Penerapan pendidikan di PAUD ini berorientasi pada pembelajaran Bahasa Inggris dan Komputer. 

"Impian dari lembaga ini adalah mau mencerdaskan anak-anak, secara khusus untuk bisa menguasai bahasa Inggris dan Komputer," jelasnya. 

"Gedung saat ini sudah ada dan anak-anak didik cukup banyak, tetapi fasilitas pendukung lainnya belum lengkap, salah satunya wahana permainan anak. Dengan begitu, kami berharap kiranya ada uluran tangan dari pihak mana pun," imbuh Suster Cecelia. 

Merespon permintaan Suster Cecelia, Bupati M. Thaher Hanubun langsung menginstruksikan Kepala Dinas Malra Clemens Welafubun yang hadir saat itu juga agar membantu menyediakan fasilitas belajar di gedung baru PAUD BMS.

“Kepala Dinas Pendidikan ada di sini jadi hari ini juga didaftarkan apa kebutuhannya, akan dimasukkan dalam APBD 2021. Pastinya bantuan ini akan direalisasikan pada tahun 2021. Kalo minta di pemerintah daerah jangan sedikit, harus lengkap,” kata Bupati kepada Suster Cecilia, saat memberikan sambutan pada acara peresmian tersebut.

Bupati menandaskan, Pemerintah daerah senantiasa memberi perhatian bagi dunia pendidikan di bumi Larvul Ngabal. 

Sementara itu, Uskup Agung Metropolitan Merauke, Mgr. Petrus Canisius Mandagi menegaskan, pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi masa depan. 

"Kalau kita ingin menguasai masa depan maka perhatikanlah pendidikan," ujar Mandagi mengutip pernyataan Nelson Mandela. 

"Jadi luar biasa bapak Bupati ini (M. Thaher Hanubun), terima kasih. Kiranya ini menjadi contoh bagi pemimpin-pemimpin lain untuk memperhatikan pendidikan, yang mana dimulai dari keluarga," tutur Uskup Agung. 

Usai peresmian itu, Kepala Dinas Pendidikan Malra Clemens Welafubun langsung bertatap muka dengan Kepala Biara The Angels, Suster Cecilia untuk merampungkan rincian daftar kebutuhan sarana-prasarana di PAUD BMS. (Ghege) 


Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar