Marrin News

Pertama di Maluku: Bupati Thaher Hanubun Antar Maluku Tenggara Ukir Rekor Nasional TPID Award 2020

 

Prosesi Penyerahan Piagam Penghargaan TPID Award 2020 untuk TPID Kabupaten Maluku Tenggara, Jumat (6/11/2020). FOTO/Bag. Kopimpro Malra. 
Langgur, Marrinnews.com - Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara untuk pertama kalinya menorehkan prestasi terbaik tingkat nasional di bidang pengendalian inflasi daerah. Pencapaian itu, bahkan diklaim sebagai satunya-satunya rekor nasional yang baru pernah didapatkan oleh Kabupaten/Kota maupun Provinsi di wilayah Maluku selama berpartisipasi dalam TPID.

"Ini merupakan suatu kebanggaan bagi kita semua, karena penghargaan ini baru pertama kalinya diraih Provinsi Maluku, dalam hal ini oleh Kabupaten Maluku Tenggara. Saya ucapkan selamat bagi bapak Thaher Hanubun selaku Bupati Malra, karena Maluku Tenggara dibawah kepemimpinannya mampu memecahkan telur di wilayah Maluku untuk TPID Award kategori Kabupaten/kota berprestasi non IHK," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku, Noviarsano Manullang melalui video confrens penyerahan piagam penghargaan TPID Award 2020 untuk TPID Maluku Tenggara, Jumat (6/11/2020).  

Manullang mengaku, telah menyaksikan secara langsung terobosan-terobosan yang dilakukan Bupati Thaher Hanubun dalam upaya menjaga stabilitas inflasi daerah di negeri berjuluk Larvul Ngabal. Lantas, bagi dia, terobosan-terobosan dimaksud sangat luar biasa. 

"Saya sendiri menyaksikan langsung tentang bagaimana upaya bapak Bupati melalui terobosan-terobosannya yang luar biasa dalam menjaga stabilitas inflasi daerah. Dengan terobosan tersebut, saya semakin yakin bahwa perkembangan ekonomi di wilayah Maluku, terutama di Kabupaten Maluku Tenggara pasti akan bisa jauh lebih baik lagi kedepannya," ujarnya. 

Manullang berharap, penghargaan yang diraih Kabupaten Maluku Tenggara, bisa menjadi inspirasi bagi 10 kabupaten/kota lainnya di wilayah Maluku, bahkan sekaligus bagi Provinsi Maluku untuk bisa meraih prestasi di tahun berikutnya. 

Senada dengan Manullang, Biro Ekonomi TPID Provinsi Maluku, Susilo menginginkan agar prestaai yang telah diraih dapat dipertahankan dikemudian hari. 

*Kecepatan mesin TPID di Maluku Tenggara, kalau boleh, jangan turun.  RPN jangan turun, karena kedepan yakin bahwa persaingan semakin ketat,  apalagi kondisi Covid-19 semakin membaik, pasti kabupaten/kota lain akan mempercepat langkahnya untuk bisa memulihkan ekonominya," pinta dia. 

Susilo menegaskan, penghargaan yang diberikan ini tidak terlepas dari koordinasi dan kerjasama, baik antara TPID Pusat dan Provinsi serta Kabupaten. 

"Kedepan kita berharap, koordinasi dan kerjasama ini dapat lebih ditingkatkan, sehingga tidak berhenti disini saja tetapi menuju ke arah yang lebih baik," imbuhnya. 

Sementara itu, Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun mengapresiasi kinerja Tim Pengendali Inflasi Daerah Malra. Ia juga menyampaikan terima kasih bagi Pemerintah Pusat atas Penghargaan yang telah diberikan. 

Bagi Thaher, prestasi yang diraih saat ini dapat mendorong sekaligus memotivasi Pemerintah Daerah dalam menghadirkan inivosi-inovasi baru bagi keberlangsungan dan stabilitas ekonomi daerah. "Saya harap tim yang ada dapat terus berkreativitas dan berinovasi agar dapat mempertahankan prestasi ini," tandasnya. 

Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun dan Jajaran Pimpinan Pemkab Malra saat Mengikuti Video Confrens Penyerahan Piagam Penghargaan TPID Award 2020. FOTO/Bag. Kopimpro Malra. 

Aspek Penilaian

Kepala Bidang Moneter Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Puji Gunawan mengungkapkan, ada dua aspek utama yang mendasari penilaian kinerja TPID tingkat Provinsi maupun Kabupaten/kota di berbagai kategori. Dua aspek tersebut, mencakup aspek proses dan program unggulan. 

Mnurut Puji, partisipasi TPID se Maluku dalam evaluasi kinerja TPID tahun 2019 telah meningkat. 

"Bila dibandingkan dengan nilai evaluasi kinerja tahun 2018, secara umum TPID Provinsi Maluku mengalami peningkatan sebesar 8,38. Hal utamanya didorong oleh peningkatan kinerja TPID pada aspek proses," katanya. 

Sedangkan terhadap evaluasi kinerja TPID Kabupaten/kota kategori non Indeks Harga Konsumen (IHK), bila dibandingkan dengan evaluasi kinerja tahun 2018, kinerja tahun 2019 secara umum mengalami peningkatan. 

Meski begitu, Puji mengklaim, jika dibandingkan dengan TPID champion, dalam hal ini TPID Kabupaten Maluku Tenggara, kabupaten/kota lainnya masih terlihat memiliki gap kinerja yang cukup jauh. Dengan demikian, aspek proses perlu menjadi perhatian utama.

"Tingkat Partisipasi TPID non IHK masih rendah. Hanya 3 dari 9 TPID non IHK yang berpartisipasi dalam evaluasi kinerja, salah satunya TPID Maluku Tenggara. Kedepan, peran TPID Provinsi Maluku perlu ditingkatkan dalam merangkul TPID non IHK untuk berpartisipasi aktif dalam program dan kebijakan pengendalian harga," ujarnya. 

Juara pertama Kabupaten/kota berprestasi kategori non IHK yang diraih Kabupaten Maluku Tenggara berdasarkan aspek proses (20%) dengan nilai 100. Sementara pada aspek program unggulan (30℅) juga memperoleh nilai 100. Total akumulasi poin yang diraih sebesar 100. 

Atas pencapaian itu pula, Puji menandaskan, Pemerintah daerah Maluku Tenggara akan menerima tambahan dana transfer daerah. Gunawan tidak menyebut besaran dana tersebut. Namun, dia memastikan, dana itu akan diterima Pemkab Malra. 

Untuk diketahui, penghargaan TIPD 2020 telah diumumkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato selaku Ketua TPIP dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi tahun 2020 di Jakarta, Kamis, (22/10/2020). Penetapan juara dan nominasi dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Menko Perekonomian RI Nomor 264 Tahun 2020.

Kabupaten Maluku Tenggara menjadi juara atau champion TPID Award 2020, kategori kabupaten/kota berprestasi non IHK di kawasan Nusa Tenggara-Maluku-Papua. TPID Malra berada diatas Kabupaten Buru Selatan yang menempati nominasi I dan Kabupaten Manggarai di nominasi II. 

Penyerahan thropy dan piagam penghargaan bagi TPID Malra, baru dilakukan pada Jumat (6/11/2020), dari Kepala Bidang Moneter Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Puji Gunawan kepada Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku, Noviarsano Manullang di Ambon. Prosesi penyerahan disaksikan langsung Bupati Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanubun bersama Sekda A. Yani Rahawarin, jajaran Asisten dan Staf Ahli Bupati serta beberapa pimpinan OPD melalui video confrens di Aula Kantor Bupati setempat. (Ghege/MN) 

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar