Marrin News

Peringati Hari Pahlawan, Pemkot Gelar Upacara Sekaligus Penyerahan SK 100% Kepada 167 PNS 2018

Wali Kota Tual Adam Rahayaan membacakan amanat Menteri Sosial Juliari P. Batubara pada peringatan Hari Pahlawan 2020 di depan Kantor Wali Kota Tual, Selasa (10/10/2020). Foto: Humas Tual
Wali Kota Tual Adam Rahayaan membacakan amanat Menteri Sosial Juliari P. Batubara pada peringatan Hari Pahlawan 2020 di depan Kantor Wali Kota Tual, Selasa (10/10/2020). Foto: Humas Tual



Tual, Marrinnews.Com.- Pemerintah Kota Tual menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan 2020 yang berlangsung di Balai Kota Tual, Selasa (10/10/2020). Wali Kota Tual Adam Rahayaan S,Ag., M.Si bertindak sebagai inspektur upacara, sementara Kepala Bidang Pada Dinas Perikanan Kota Tual Faqih Rumaf sebagai komandan upacara.

Wali Kota Tual saat membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia Juliari P. Batubara menyatakan rasa syukurnya karena upacara peringatan Hari Pahlawan dapat tetap digelar dengan khidmat meski Indonesia masih berada di tengah situasi pandemi Covid-19, Untuk itu peringatan yang berlangsung harus memperhatikan protokol kesehatan dengan tepat.

“Hari Pahlawan kiranya tidak hanya sekadar diingat pada setiap tanggal 10 November saja, namun lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia perlu terus dikenang sepanjang masa oleh kita semua sebagaimana tema hari pahlawan tahun 2020: Pahlawanku Sepanjang Masa” ajak Mensos sebagaimana dibacakan Wali Kota.

Lebih lanjut ia meminta agar pengorbanan para pahlawan dapat menginspirasi masyarakat Indonesia untuk berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa masa kini seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal, dan termasuk melawan Covid-19.

Ia berharap, keterbatasan pelaksanaan peringatan Hari Pahlawan akibat pandemi covid-19 tidak mengurangi kekhidmatan dan makna peringatan, bahkan dapat menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk bersatu-padu.

“Nilai-nilai kepahlawanan seperti percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa, rela berkorban, pantang menyerah, suka membantu, bergotong-royong, perlu terus dirawat dan dipupuk agar dapat tumbuh bersemi di dalam hati sanubari setiap rakyat Indonesia,” ungkapnya.

Menurutnya, semangat kepahlawanan dapat menjadi motor penggerak dalam mengisi kemerdekaan dan mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa. Ia yakin, bila semangat dan nilai-nilai kepahlawanan tersebut tertanam dalam diri setiap anak bangsa, Indonesia akan mampu mengatasi setiap masalah yang mendera. Oleh karena itu, ia mengajak setiap anak bangsa untuk berkontribusi, terutama dengan menjadi pahlawan yang memiliki empati untuk menolong sesama serta saling menghargai dan menghormati satu sama lain.

Mengutip ungkapan Soekarno –salah seorang The Founding Fathers: hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar, Mensos menghimbau segenap warga Indonesia untuk berpartisipasi memperingati Hari Pahlawan tahun 2020.

“Jangan sia-siakan perjuangan para pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya demi bumi pertiwi ini. Kita buktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang tangguh, berdaya saing, penuh dengan daya kreasi yang tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain di dunia,” pungkasnya.

Dalam rangkaian peringatan Hari Pahlawan 2020 tersebut, Wali Kota Tual Adam Rahayaan juga menyerahkan SK 100% kepada 167 PNS periode pengangkatan tahun 2018.

Hadir dalam upacara tersebut antara lain Wakil Wali Kota Tual Usman Tamnge, pimpinan OPD serta serta ASN lingkup Pemkot Tual. (Nick Renleuw)

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar