Marrin News

Kelompok Pemuda Manyeu Gagas Rumah Kendali Kamtibmas


Koordinator Tim Pembentukan Pemuda Kecamatan Manyeu bersama Ketua-Ketua Pemuda. FOTO/FY.

Langgur, Marrinnews.com – Kelompok Pemuda Kecamatan Manyeu, Kabupaten Maluku Tenggara bertekad membangun sebuah rumah aspirasi bersama sebagai pondok kemajemukan dan pengendalian kehidupan sosial kemasyarakatan. Dalam hal ini, bertujuan untuk mewadahi pembentukan karateristik para pemuda guna meminimalisasi masalah kamtibmas. 

"Bersama dengan Ketua Pemuda yang ada di wilayah ini, kami berinisiatif untuk membentuk suatu wadah Pemuda Kecamatan Manyeu. Pembentukan ini sendiri dilatarbakangi oleh persoalan adanya gejolak pertikaian yang kerap terjadi antar pemuda ataupun masyarakat di wilayah kecamatan ini," ungkap Koordinator Tim Pembentukan Pemuda Manyeu, Pitter Letsoin kepada media ini di Langgur, Jumat (20/11/2020). 

Menurut Pitter, wilayah kecamatan Manyeu saat ini dalam kondisi darurat Kamtibmas. Darurat dimaksud, jelas dia, bahwa belakangan ini kerap terjadi gesekan antar desa-desa tetangga. 

Dengan begitu, tambahnya, Pemuda yang disebut sebagai agen of changes (agen perubahan) harus berdiri menjadi pelopor kedamaian, ketertiban dan keamanan di wilayah Manyeu. 

"Kita butuh peran pemuda untuk bisa menyatukan keberagaman dan kesatuan yang ada di kecamatan Manyeu. Karena jika hanya berharap pada pihak keamananan maupun Pemerintah, kayaknya agak sulit untuk meredam situasi tersebut," katanya. 

Bagi Letsoin, peran pemuda dengan melibatkan seluruh pengurus di setiap desa, setidaknya dapat meminimalisir potensi terjadinya konflik di wilayah ini.

Menindaklanjuti gagasan tersebut, pada Jumat (20/11) siang telah dilakukan pertemuan perdana di desa Debut. Dalam pertemuan yang dihadiri 9 Ketua Pemuda itu sendiri, kata Pitter, telah disepakati bersama untuk kembali dilakukan pertemuan guna pembentukan ketua dan pengurus sementara. 

"Setelah pembentukan Ketua sementara dan pengurusnya, akan kami agendakan lagi untuk melakukan musyawarah besar atau rapat akbar Pemuda Manyeu, guna memilih pengurus definitif. Musyawarah itu akan melibatkan seluruh pemuda di kecamatan Manyeu," ungkapnya. 

Letsoin menegaskan, dengan terbentuknya Pemuda Manyeu dan kemudian didalamnya mencakup keterlibatan seluruh pemuda dengan melakukan berbagai program kegiatan, maka setidaknya akan mengatasi permasalahan kamtibmas. Lebih dari itu, dapat mendukung kepentingan pemuda di kecamatan Manyeu. 

"Saya berharap, nantinya kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik. Untuk itu, sangat diharapkan juga agar ada peran aktif dari ketua-ketua pemuda tiap Ohoi untuk mensukseskan musyawarah akbar nanti," pintanya. (Ghege) 

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar