Marrin News

Kapolda Maluku Bangga dan Apresiasi Kinerja Polres Tual

 

Kapolda Maluku Irjen Pol. Baharudin Djafar, Didampingi Kapolres Tual AKBP Alfaris Pattiwael saat Melaunching Program Unggulan Polres Tual, Kamis (5/11/2020). FOTO/GHEGE.
Tual, Marrinnews.com - Kepala Kepolisian Daerah Maluku, Inspektur Jenderal Polisi Baharudin Djafar melakukan kunjungan kerja di Polres Tual, Kamis (5/11/2020). 

Turut mendampingi Kapolda, Ketua Bhayangkari Daerah Maluku Sitti Aisyah Baharuddin Djafar, Kabid Humas Polda Maluku Drs. Mohamad Rum Ohoirat dan beberapa staf lainnya. 

Dalam kunjungannya itu, Irjen. Pol. Baharudin Djafar meresmikan ruangan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Sanita Satyawada. Selain itu, dilakukan pula pencanangan zona integritas, peluncuran aplikasi android Sistem Informasi 'Mass React and Notify' (SIMaRen) Polres Tual dan launcing buku SIMaRen Creative Breack Trough. 

Pengresmian gedung SPKT ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Kapolda Maluku dan pengguntingan pita oleh Ketua Bhayangkari daerah Maluku. Sementara launching program-program unggulan ditandai dengan pelepasan balon gas ke udara. 

Perwira Tinggi Dua Bintang ini, mengapresiasi sekaligus mengaku bangga atas pencapaian kinerja Polres Tual dibawah kepemimpinan AKBP Alfaris Pattiwael dalam menbenahi sistim pelayanan kepada masyarakat. Mulai dari pembenahan ruangan pelayanan hingga menghadirkan program-program unggulan layanan Kepolisian bagi masayarakat di Kepulauan Kei. 

Djafar menilai, kegiatan dan program-program unggulan yang dicanangkan Polres Tual, merupakan hal yang sangat baik. Meski demikian, menurut dia, hal yang jauh lebih baik dan harus dilakukan anggota Kepolisian setempat, yakni terkait hubungan interelasi antara Kepolisian dan masyarakat. 

"Kegiatan ini sangat baik sekali. Namun, yang jauh lebih baik, apabila tidak ada sekat dalam akses antara kita (Polisi) dengan masyarakat.  Setiap masyarakat bisa datang, bisa akses dengan Kepolisian, setiap masyarakat mudah berinteraksi dengan petugas-petugas Kepolisian, maka inilah wujud keberhasilan dari Kepolisian," kata Kapolda Baharudin dalam arahannya saat itu. 

Kapolda ungkap, dalam pelayanannya saat ini, ia senantiasa membuka diri terhadap hubungan komunikasi dengan masyarakat dan pihak lembaga kemasyarakatan manapun. Untuk itu, dirinya berharap, hal yang sama dapat diterapkan pula oleh jajaran Polres Tual. 

"Lembaga Swadaya yang saya tidak kenal sekalipun, selalu terbuka untuk melakukan audiensi dengan saya. Nah, hal inilah yang senantiasa harus kita lakukan. Kalau saja saya selaku Kapolda bisa menerima semua, apa lagi anak-anak saya yang berada di jajaran terdepan dengan masyarakat," ujarnya. 

Kapolda menegaskan, semua elemen masyarakat berhak mendapat pelayanan, perlindungan, pengayoman dari jajaran Kepolisian, sebagaimana tersirat pada simbol Polri 'melindungi dan melayani'

"Mudah-mudahan dengan adanya pemberlakuan program-program unggulan ini, Polres Tual semakin jaya di masa mendatang," pungkasnya. 

Untuk diketahui, terdapat dua program unggulan Polres Tual. Pertama, program layanan Kepolisian berbasis IT-aplikasi android SIMaRen. Melalui aplikasi ini, masyarakat dapat mengajukan pengaduan secara online, pendaftaran SIM online, pendaftaran SKCK online, SP2HP, pendaftaran Sket hilang, Daftar Pencarian Orang (DPO), Panic button dan portal berita. 

Selain melalui aplikasi SIMaRen, layanan-layanan tersebut dapat diunduh melalui Website; www.polresmalra.org. Sedangkan program kedua, yakni program unggulan bidang operasional. Diantaranya, Patroli Rayon Maluku Tenggara (PaRaMaTa), Patroli Kampung Paling Rawan (PaKaPaRa), Holtom Kamtibmas, dan Rahan Bhabinkamtibmas. (Ghege/MN)

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar