Marrin News

HKN Ke 56: Pemkab Malra Serahkan Bantuan dan Penghargaan bagi Sejumlah Puskesmas-Ohoi

Penyerahan Simbolis Kunci Mobil Ambulans oleh Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun di Pelayaran RSUD Karel Sadsuitubun Langgur, Kamis (12/11/2020). FOTO/JO.

Langgur, Marrinnews.com - Pada Peringatan Hari Kesahatan Nasional ke 56 tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara menyerahkan sejumlah bantuan dan penghargaan serta Sertifikat Akreditasi kepada Puskesmas dan Ohoi (desa) di daerah ini. 

Untuk jenis bantuan, berupa dua unit Ambulance Public Safety Center (PSC 119), satu unit ambulans darat, satu unit ambulans laut, dan satu unit sepeda motor kepada Puskesmas Weduar. Ada juga satu unit ambulans darat dan satu unit sepeda motor untuk Puskesmas Elat.

Sementara piagam penghargaan pada kategori Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) diberikan kepada Ohoi Yatvav, Kecamatan Kei Kecil Barat. Penghargaan yang diterima Ohoi Yatwav adalah sebagai Ohoi STBM pertama di Malra.

Pemda juga menyerahkan Antropometri Kit untuk Ohoi lokus stunting kepada Ohoi Mastur Lama, kecamatan Kei Kecil Timur. Sedangkan piagam penghargaan Ohoi Open Defication Free (ODF) diberikan kepada Ohoi Weduar, Kecamatan Kei Besar Selatan.

Selain itu, diserahkan pula sertifikat akreditasi bagiq sembilan Puskesmas di Malra. Sembilan Puskemas tersebut, yakni Puskesmas Watdek, Puskesmas Kolser, Puskesmas Rumat, Puskesmas Danar, Puskesmas Ohoira, Puskesmas Elat, Puskesmas Larat, Puskesmas Weduar, dan Puskesmas Holat.

Bantuan kesehatan hingga piagam penghargaan dan sertifikat akreditasi tersebut, diserahkan secara simbolis oleh Bupati Muhamad Thaher Hanunun dalam upacara peringatan HKN ke-56 yang dipusatkan di pelataran RSUD Karel Sadsuitubun, Kamis (12/11/2020). 

Bupati Thaher Hanubun di kesempatan itu menyatakan, peringatan HKN ke-56 tahun ini menjadi momen bagi pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di daerah ini.

"Pelayanan kesehatan di Malra dari tahun ke tahun semakin baik dengan fasilitas yang menunjang, namun tentunya perlu terus ditingkatkan karena beberapa waktu lalu ketika kami meninjau Puskesmas masih ada yang tidak melayani warga," kata Thaher.

Ia menegaskan pelayanan kepada warga atau pasien menjadi yang paling penting dan menjadi perhatian prioritas dunia kesehatan. Contoh sederhana, sebutnya, seorang tenaga kesehatan harus dapat bersikap ramah dan baik dalam melayani pasien.

Thaher menambahkan kesehatan memang perlu, tetapi kesegaran jasmani juga dibutuhkan. "Karena sehat belum tentu segar, artinya jika kita sudah merasa segar, pastinya dalam melakukan pekerjaan tidak akan merasa lelah berlebihan," ucapnya.

Bupati menandaskan, bantuan dan penghargaan yang didapat kiranya dapat meningkatkan motivasi, sehingga pelayanan kesehatan bagi masyarakat senantiasa berjalan baik. (Ghege) 

 

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar