Marrin News

TPID Award 2020: Sejarah Terukir, Kabupaten Maluku Tenggara Raih Penghargaan Berprestasi

Hasil Nominasi dan Pemenang TPID Award Tahun 2020. FOTO/Istimewa.

Langgur, Marrinnews.com - Kabupaten Maluku Tenggara-Provinsi Maluku mengukir sejarah baru, setelah untuk pertama kalinya meraih penghargaan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Award tahun 2020 sebagai Kabupaten/Kota berprestasi pengendali inflasi daerah.  

Penghargaan TIPD 2020 diumumkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato selaku Ketua TPIP saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi tahun 2020 di Jakarta, Kamis, (22/10/2020). 

Dalam Rakornas Pengendalian Inflasi tahun 2020 diumumkan pemenang dari penghargaan TPID yang telah terbentuk di seluruh Indonesia berdasarkan kinerja pada Tahun 2019.

Adapun Rakornas itu sendiri dibuka oleh Presiden Joko Widodo dan dihadiri oleh Gubernur BI, Mendagri, Menteri Keuangan, Menkop dan UMKM sebagai keynote speech.

Sementara Pemkab Maluku Tenggara mengikuti Rakornas secara virtual dan dihadiri Bupat Malra Muhamad Thaher Hanubun. Ia didampingi, Sekertaris Daerah A. Yani Rahawarin, para Asisten dan Staf Ahli Bupati serta pimpinan OPD di ruang kerja Bupati.

Kabupaten Maluku Tenggara sendiri berhasil menjuarai Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Award kategori berprestasi wilayah Nusa Tenggara-Maluku-Papua, mengalahkan Kabupaten Buru Selatan dan Manggarai, yang berada pada nominasi I dan II. 

Bupati Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanubun. FOTO/Ghege.

Prestasi yang diterima TPID Kabupaten Maluku Tenggara merupakan kategori pengukuran kinerja TPID bagi Kabupaten Non-Indeks Harga Konsumen (IHK) Wilayah Nusa Tenggara, Maluku dan Papua. Capian terbaik ini pun setidaknya akan lebih meningkatkan kinerja Pemda Malra dalam memajukan perekonomian daerah. 

"Dengan raihan ini, tentu akan mendorong sekaligus memotivasi Pemerintah daerah agar senantiasa bekerja keras untuk menjaga kesejahteraan masyarakat Malra, sekalipun kita diperhadapkan pada tantangan dampak pandemi Covid-19 yang cukup berat," Kata Bupati Malra M. Thaher Hanubun kepada awak media di Langgur, Minggu (25/10/2020). 

Thaher mengaku optimis, daerah ini kedepan akan menjadi suatu daerah maju dan berkembang. Meski begitu, untuk mewujudkan tujuan pembangunan sebagaimana dimaksud, tentunya harus dibarengi dengan kerja keras dan sinergitas antar seluruh elemen masyarakat di negeri berjuluk Larvul Ngabal ini. 

"Kerja keras itu kita tunjukan dengan sinergitas semua elemen, dimana bekerja sebagai tim yang solid dengan tujuan utama, mensejahterakan masyarakat," katanya.

Orang nomor satu Malra mengungkapkan, berbagai upaya telah dilakukan Pemda untuk menjaga infalasi daerah. Salah satunya dengan menjaga produktivitas sektor pertanian. 

"Untuk menjaga produktivitas sektor pertanian ini sendiri, maka langkah yang diambil yakni memanfaatkan lahan milik Pemda yang belum terpakai untuk dijadikan kebun dan menanam pangan lokal," sebutnya. 

Untuk penghargaan yang diterima TPID Maluku Tenggara, Bupati Thaher menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Pusat. Tak luput, apresiasi juga disampaikan kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam menjaga kestabilan perekonomian daerah Malra. 

Untuk diketahui, Penghargaan TPID Award dibagi menjadi 3 kategori, yaitu TPID Kabupaten/Kota Berprestasi diberikan kepada TPID Kab/Kota non IHK (bukan kabupaten/kota sampel inflasi), kemudian TPID Kabupaten/Kota Terbaik diberikan kepada TPID Kab/Kota IHK (kabupaten/kota sampel inflasi), dan terakhir TPID Provinsi Terbaik, masing-masing mewakili Kawasan Sumatera, Jawa-Bali, Kalimantan, Sulawesi, dan Nusra-Maluku-Papua. (Ghege) 

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar