Marrin News

Semarak Kirab Merah Putih di Tapal Batas NKRI-Weduar Fer

Suasana Kirab Merah Putih di Tapal Batas NKRI, Ohoi Weduar Fer. FOTO/Dok. Istimewa

Langgur (Rahangiar), Marinnews.com - Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara menggelar Kirab Kebangsaan dan Parade Merah Putih dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober.

Acara diawali dengan Kirab Kebangsaan dari Pelabuhan Navigasi Uf Kecamatan Kei Kecil Timur Selatan menuju Ohoi Weduar Feer Kecamatan Kei Besar Selatan Barat, Selasa (27/10/2020).

Total ada 101 angkutan laut yang ikut dalam parade itu. Mereka antara lain 4 kapal milik PPLP, 1 kapal Ferry ASDP, 48 speed boat milik OPD, 45 speed boat dari perwakilan 11 kecamatan, 1 sea rider Lanal Tual, 1 sea rider PSDKP Tual, dan 1 speed boat Polairud Tual.

Pantauan media ini, sejumlah speed boat dilengkapi dengan pengeras suara. Mereka memutar lagu-lagu semangat, menari-nari, menambah kesemarakan acara siang itu.

Ada juga satu regu seni dari Ohoi Revav ikut meramaikan suasana dengan pukulan tipa gong dan menari tarian adat Kei.

Regu tersebut terus mengiringi rombongan Gubernur Maluku dan Bupati Malra menuju Tanjung Luswed untuk mengibarkan bendera Merah Putih.

Ada tiga bendera dikibarkan di lokasi yang berbeda. Uniknya, satu bendera dikibarkan oleh para pemanjat tebing di tebing yang ada di tanjung tersebut.

Nuansa kemerdekaan sangat terasa ketika bendera Merah Putih mulai dinaikkan. Di atas laut Weduar Feer, ribuan warga penjaga batas NKRI memberi hormat dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Meski masih siang, warga melepas kembang api ke udara usai upacara sakral itu. Kemudian diikuti sirene kapal cepat, dan teriakan kata merdeka dari peserta.

Rombongan melanjutkan parade ke Ohoi Rahangiar/Langgiar, Ibu Kota Kecamatan Kei Besar Selatan Barat. Di sana, dilaksanakan kegiatan pelatihan character building pemuda, atraksi tarian gebyar Merah Putih oleh siswa-siswi SD dan SMP, dan konferensi pers.

Turut hadir dalam acara itu, Asdep Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan Laut Gatot Yanrianto, Asdep Koordinasi Wilayah Perbatasan dan Tata Ruang Pertahanan Kolonel Infanteri I Gede Agit Thomas, Kasubdit Pulau Kecil dan Terluar Ditjen Pengelolaan Ruang Laut Kementerian KKP Dr. Ahmad Haris, Analis Kebijakan Wilayah Beny Naryanto, Gubernur Maluku Murad Ismail, Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury dan Anggota, Sekda Maluku Kasrul Selang, Bupati Malra M. Thaher Hanubun, Forkopimda Malra, Sekda Malra Ahmad Yani Rahawarin, pimpinan OPD Provinsi Maluku dan Pemkab Malra, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda, masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Untuk diketahui, sesuai rundown acara yang diterima media ini, besok dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92, peninjauan kebun PKK, peletakan batu pertama pembangunan SMK Perikanan Rahangiar, tarik tali (Kei: wer warat), dan launching spot selam Weduar Feer. (Ghege) 

Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar