Marrin News

Santriwan dan Santriwati Pondok Pasantren Al-Ikhlas Jalani Tes PCR swab

 

Direktur RSUD Maren Hi Noho Renuat dr Herlina bersama staf Dinas Kesehatan Tual saat mengambil sampel darah untuk di uji menggunakan Rapid Test Diagnostic (RDT)

Tual,Marrinnews.com.- Berbeda dari sekolah umum lainnya sebelum pelaksanaan belajar mengajar tatap muka, guna memastikan lingkungan aman dari covid-19, Santriwan Santriwati SMP dan SMU terpadu Yayasan Al-Ikhlas Tual gelar PCR swab masal.

Pantuan marrinnews pada tahap pertama sebanyak 150 santriwan dan santriwati mengikuti Tes PCR swab oleh staf Dinas Kesehatan Kota Tual yang di pimpin langsung Direktur RSUD Maren Hi Noho Renuat dr Herlina yang berlangsung di aula kantor diniyah Yayasan Al-Ikhlas Desa Tamedan Kecamatan Dullah Utara Kota Tual.

Saat pelaksanaan Santriwan dan Santriwati terlebih dulu menjalani Rapid Test Diagnostic dengan cara diambil sample darah, bagi yang reaktif langsung dilakukan PCR swab menggunakan sampel lendir yang diambil dari dalam hidung maupun tenggorokan.

"Dua area tersebut dipilih karena menjadi tempat virus menggandakan dirinya. Pemeriksaan ini lebih akurat, sebab virus corona menempel di bagian dalam hidung atau tenggorokan saat masuk ke dalam tubuh," Kata dr Herlina, Rabu (14/10/2020).


Dijelaskannya sampel yang diambil dari santriwan dan santriwati selanjutnya akan dikirim untuk diuji di Laboratorium yang berada di Kota Ambon.  Menurutnya PCR swab tes  hasilnya nanti akan benar-benar memperlihatkan keberadaan virus SARS-COV2 di dalam tubuh seseorang dengan begitu upaya Yayasan untuk memastikan lingkungan aman dari covid-19 bisa di wujudkan.

Terpisah Kepala Sekolah SMP Terpadu Al-Iklas Cindy Sari Narulita. S.S., M.Pd mengatakan selain para santri dewan guru, Ustadz dan Ustadzah juga diwajibkan mengikuti tes baik dengan RTD maupun PCR swab.

"Setelah mendapat izin dari Wali Kota Tual kemudian para Guru bersama Ketua dan pengurus Yayasan menggelar rapat bersama dan meyepakati dibentuknya Tim Covid sekolah serta wajib tes covid bagi tenaga pengajar," Ungkapnya.

Orang tua saat mengantar dan menunggu anaknya mengikuti test


Pelaksanaan serta kerjasama tes PCR swab bersama Dinas Kesehatan Kota Tual sambungnya merupakan upaya dari Ketua Yayasan Al-Ikhlas H Zulkifli Rahayaan dimana pasca rapat bersama langsung menyurati Dinas terkait dan Wali Kota Tual guna memfasilitasi serta membantu agar lingkungan Pasantren aman dari Covid-19.

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar