Marrin News

Direktur PDAM : 1371 Rumah Warga Berpenghasilan Rendah di Tual Telah Menikmati Air Bersih

Ekspresi anak anak saat pertama kali rumahnya dialiri air dari PDAM Maren Tual
Ekspresi anak anak saat pertama kali rumahnya dialiri air dari PDAM Maren Tual


Tual, Marinnews.com.- Direktur PDAM Maren Maria O Far-Far ST mengatakan melalui program hibah air minum, tercatat pada akhir September 2020 sebanyak 1371 rumah warga berpenghasilan rendah di Kota Tual telah tersambung dan menikmati air minum bersih dari PDAM Maren Tual.

"Visi misi Wali Kota Tual dan Wakil Walikota agar tersedianya akses air minum  bagi warga maka melalui program hibah air bersih Tahun 2020 sebanyak 1371 sambungan rumah baru telah menikmati air mimum bersih," Ujar Direktur PDAM Maren Maria O Far-Far ST usai peresmian air bersih oleh Wali Kota di Desa Tamedan, Selasa (6/10/2020).

Tinjauan lapangan oleh Dewan Pengawas sekaligus Ketua PIU Program Hibah Air Minum Perkotaan Kota Tual Tahun 2020 John Ngamelubun pada lokasi Perumahan Nelayan Desa Tamedan


Lebih lanjut kata dia 1371 sambungan rumah ( SR) tersebut tersebar pada beberapa Desa dan Dusun di Kota Tual diantarannya  Desa Tamedan sebanyak 272 SR, Desa Dullah 157 SR, Desa Fiditan 50 SR, Dusun Mangon 36 SR, Dusun Dumar 22 SR, Desa Ohoitel 421 SR (tersebar pada Desa Ohoitel,Dusun,Watran,Dusun Laikamor dan Ohoitel Kampung Baru), Desa Tual 179 SR, Kelurahan Lodar El 42 SR, Kelurahan Masrum 171 SR, Kelurahan Ketsoblak 87 SR.

"Masyarakat, khususnya yang berpenghasilan rendah pada Desa dan Dusun tersebut sambungan air kerumahnya sudah selesai pelaksanaan konstruksinya dan juga sudah dinikmati, sesuai permintaan Wali Kota selama 3 bulan mereka di gratiskan," Kata Far -Far.

Direktur PDAM Maren Maria O Far - Far.ST



Dijelaskannya Penyelesaian konstruksi fisik  program hibah air minum di Kota Tual Tahun 2020 juga telah dilaporkan secara resmi oleh Kadis PU John Ngamelubun selaku ketua program kepada Wali Kota Tual dan juga ketua program hibah air minum dan sanitasi Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di Jakarta sejak 30 September 2020.

"Melalui surat no 600/84/2020 Kadis PU telah melaporkan bahwa 1371 sambungan rumah telah terpasang sesuai spesifikasi teknis minimum dan selanjutnya tinggal menunggu verifikasi," Jelas Far-Far.

Capaian tersebut sambungnya, sesuai keinginan dan harapan Walikota Tual Adam Rahayaan dan Wakil Wali Kota Usman Tamnge agar dengan tersedianya akses air minum bersih dapat meningkatkan derajat dan kualitas kesehatan masyarakatnya.


Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar