Marrin News

Pemkot Tual Siapkan RSUD Hi. Noho Renuat Jadi Rumah Sakit Rujukan di Tenggara Raya



Tual, Marrinnews.com –Wali Kota Tual, Adam Rahayaan menegaskan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Maren Hi. Noho Renuat Kota Tual disiapkan menjadi rumah sakit rujukan di wilayah Maluku bagian tenggara.

“Jadi nanti kita tidak rujuk lagi ke Ambon atau Makassar. Semua (pasien) dari Aru, (Maluku) Tenggara, KKT, dan MBD ke sini (Tual),” ujar Rahayaan dalam sambutannya pada kegiatan pelepasan Santri dan Mahasantri di Pendopo Yarler, Selasa (8/9/2020).

Menurut Wali Kota, Pemerintah Kota(Pemkot) Tual awalnya tidak menduga RSUD Maren Hi. Noho Renuat akan menjadi rumah sakit rujukan. Namun ternyata, dalam pertemuan antara tim dari Kota Tual dengan Kementerian Kesehatan RI di Jakarta beberapa waktu lalu, kementerian memandang perlu untuk mendirikan sebuah rumah sakit yang representatif dan memperpendek rentang kendali sehingga menetapkan RSUD Maren Hi. Noho Renuat sebagai rumah sakit perbatasan sekaligus rumah sakit rujukan.

Menindaklanjuti hasil pertemuan di Jakarta tersebut, Pemkot Tual kemudian menggandeng PT. Sulapappa Media Utama, Konsultan dari Jakarta, untuk mendesain RSUD Hi. Noho Renuat.

Ketua Tim Konsultan PT. Sulapappa Media Utama Yaqien Gisno Ogalelano dalam rapat pemaparan laporan akhir review master plan dan DED (Detailed Engineering Design) RSUD Maren Hi. Noho Renuat di Taman Kota Tual, mengatakan bahwa pihaknya mengadopsi desain rumah sakit berstandar internasional – seperti John Hopkins Hospital di Amerika, dan beberapa rumah sakit lain di luar negeri dan Indonesia – untuk merancang RSUD Hi. Noho Renuat.

Yaqien kemudian mempresentasikan master plan dan DED rumah sakit kepada pemerintah daerah. Dia memaparkan beberapa teknologi canggih berstandar internasional yang akan diinstal di satu-satunya rumah sakit di Bumi Maren itu.

Terkait pembiayaan, pembangunan rumah sakit ini akan menelan anggaran sekitar Rp. 90 miliar. Sekitar Rp 60 miliar dibebankan pada APBN, sedangkan sisanya dibebankan pada APBD.

Dalam pertemuan itu, Wali Kota dan peserta rapat lainnya memberikan masukan dan akan ditindaklanjuti oleh konsultan maupun OPD terkait.

Ada persoalan terkait lahan yang diberikan batas waktu hingga Oktober tahun ini oleh Kemenkes. Pemkot Tual melalui bagian pemerintahan melaporkan bahwa sudah ada 4 hektar lahan dari 5 hektar yang harus disiapkan. Wali Kota meminta Kabag Pemerintahan untuk segera menyelesaikan masalah itu dalam berapa hari terakhir ini.(MN)


Baca Juga

Berita Populer

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar