Marrin News

Muswil PAN Maluku Ke V Digelar di Bumi Larvul Ngabal, Ada Misi Dibalik Itu

Konfrensi Pers DPD Partai Amanat Nasional Kabupaten Maluku Tenggara Bahas Pelaksanaan Muswil PAN ke V Provinsi Maluku, Selasa (8/9/2020). Foto/GG.

Langgur, Marrinnews.com – Kabupaten Maluku Tenggara telah ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Musyawarah Wilayah Partai Amanat Nasional (Muswil PAN) ke V Provinsi Maluku. Dibalik itu, ada misi luar biasa yang diusung melalui pelaksanaan kegiatan partai politik yang satu ini. 

Seiring hal itu, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN di negeri berjuluk Larvul Ngabal menyatakan siap menjalankan amanah yang diembankan guna mensukseskan gelaran akbar tersebut.

“Untuk hajatan Muswil PAN ke V Provinsi Maluku, kita di Maluku Tenggara dipercayakan sebagai tuan rumah. Alhamdulilah, saya selaku Ketua DPD bersama segenap jajaran, siap mengemban tugas dan tanggung jawab yang telah dipercayakan DPW Maluku sebagaimana mestinya,” ujar Ketua DPD PAN Maluku Tenggara, Amboidale Roroa dalam Konfrensi Pers di Sekretariat DPD setempat, Selasa (8/9/2020).

Menurut Roroa, terpilihnya Maluku Tenggara sebagai tuan rumah dikarenakan DPD Malra berhasil memperjuangkan tiga orang perwakilan dari Partai Amanat Nasional menduduki kursi ruang Parlemen melalui pertarungan pemilihan anggota legislatif tahun 2019 kemarin.

“Khusus di Provinsi Maluku sesuai evaluasi hasil Pileg 2019, dari 11 kabupaten/kota yang ada, Maluku Tenggara keluar sebagai pemenang pertama dengan menempatkan 3 wakil rakyat di DPRD setempat. 
Selain itu, PAN juga menjadi pemenang ketiga di daerah pemilihan Maluku Tenggara , sehingga salah satu dari wakil partai kita pun berhak menduduki  posisi Wakil Ketua II DPRD,” jelasnya.

Lantas, bagi dia, hasil perolehan kursi tersebut merupakan suatu pertimbangan konkret DPW PAN Provinsi Maluku untuk menetapkan Maluku Tenggara  sebagai tuan rumah perhelatan Muswil dimaksud.

Penetapan itu sendiri, tambah Roroa, diputuskan secara aklamasi melalui rapat pleno DPW Provinsi Maluku pada beberapa waktu lalu. Dalam rapat pleno itu juga, Maluku Tenggara menjadi satu-satunya daerah yang ditunjuk sebagai tuan rumah.

Sekertaris DPD PAN Malra Ahmadi Raharusun turut mengemukakan hal yang sama. Meski begitu, Raharusun ungkap, ada faktor  lain dibalik dasar pertimbangan Maluku Tenggara ditetapkan sebagai tuan rumah.

Pertimbangan dimaksud itu, kata Raharusun, dengan dilaksanakannya Muswil ke V di Malra maka dapat 
menjadi faighting spirit bagi seluruh elemen DPD PAN Malra guna lebih mempersiapkan diri untuk bertarung pada Pilkada 2023 dan Pileg 2024 nanti.

“Saat ini kita sudah berada pada satu jenjang, yakni Wakil Ketua DPRD. Lebih dari itu, mudah-mudahan lewat Muswil yang akan dilaksanakan ini, masyarakat Malra dapat memberikan dukungan yang lebih besar terhadap eksistensi PAN di tahun 2024 nanti, dimana bukan lagi sebagai wakil ketua melainkan pemenang pertama dan pemegang kendali palu sidang,” tuturnya.

“Dengan begitu mengapa kemudian Ketua DPW menjadikan Malra sebagai tuan rumah Muswil, tentu untuk  membesarkan PAN dan dapat lebih dikenal serta dikenang di hati masyarakat Maluku Tenggara,” bebernya.      

Raharusun meyakini, Partai berlambang matahari putih ini akan meraih kemenangan pada pemilihan legislatif periode berikut. Hal itu berdasar pada hasil kajian dan informasi yang telah diterima.

Suksesor Tuan Rumah

Roroa ungkap, sebagai tindak lanjut atas penetapan  dan sebagaimana telah terbentuknya Panitia wilayah maka DPD Malra juga telah membentuk Panitia daerah.

“Menindaklanjuti hasil keputusan dan perintah DPW yang disampaikan kepada kami untuk membentuk panitia daerah, sehingga di hari ini alhamdulilah kami telah menyeleksi dan menetapkan nama-nama panitia daerah. Surat Keputusan (SK) kepanitiaannya pun telah kami serahkan ke masing-masing anggota Panpel,” bebernya.

Struktur panitia daerah itu ditetapkan melalui Surat Keputusan DPD PAN Maluku Tenggara Nomor: PAN/A/Kpts/K-S/34/IX/2020 tentang Pengesahan Organizing Committe Daerah Musyawarah Wilayah Ke V DPW PAN Provinsi Maluku.

Sesuai SK tersebut, Lahami Sampulawa ditetapkan sebagai Ketua OC, Deny Rumlus selaku Sekretaris dan Vian Wemaf sebagai Bendahara. Selain ketiga jabatan ini, terdapat pula beberapa perangkat seksi pendukung , salah satunya seksi persidangan yang diketuai oleh Lopianus Y. Ngabalin.

Terkait waktu pelaksanaan, Roroa mengaku, belum dapat dapat dipastikan kapan akan dilangsungkan, namun kegiatan dimaksud tetap terlaksana dalam tahun 2020 ini juga. Hal itu mengingat proses pelaksanaan Muswil itu sendiri diatur dalam sistem Partai sebagaimana berlaku.

“Sistem yang berlaku di Partai PAN bahwa formatur atau nama-nama yang dikirim itu akan menghasilkan empat orang. Kemudian dari empat orang itu nanti dikirim dan ditentukan di DPP. Setelah nama-nama ditentukan itulah baru dapat ditentukan pula jadwal pelaksanaannya,” jelasnya.

“Kita disini sendiri saat ini hanya mempersiapkan kebutuhan pendukung lainnya sambil menunggu jadwal pelakasanaan kegiatan itu. Selaku Ketua DPD, saya akan terus berkoordinasi untuk gelaran kegiatan ini,” tambah dia.

Roroa ungkap, saat rapat perdana willayah beberapa waktu lalu, dirinya telah mengemukakan keinginannya agar Muswil ke V ini dilaksanakan tepat bersamaan dengan dilaksanakannya iven Festival Pesona Meti Kei di bulan Oktober nanti. Hal itu, katanya, dimaksudkan agar dapat menunjukan jati diri dan keberadaan PAN pada khalayak publik.  

“Kita mau tunjukan bahwa PAN ada dimana-mana. Kita juga berkeinginan agar Ketua Umum PAN hadir untuk membuka kegiatan ini. Kami akan berkoordinasi dengan Pemda Malra terkait hal ini, namun tak bisa dipungkiri juga bahwa saat ini Pandemi Covid-19 masih ada, tentu rencana yang ada bisa saja berubah,” imbuhnya.
Serah Terima Surat Keputusan (SK) Orginizing Committe Daerah Muswil Ke V Provinsi Maluku dari Ketua DPD PAN Maluku Tenggara Amboidale Roroa (Kiri) ke Ketua OC Lahami Sampulawa (Kanan), bertempat di Sekretariat DPD PAN Malra, Selasa (8/9/2020). Foto/SR

Sementara itu, Lahami Sampulawa mengaku, SK kepanitiaan daerah resmi telah diterimanya. Untuk itu, selaku Ketua OC, dirinya bertekad mensukseskan pelaksanaan Muswil ke V PAN Maluku di Kabupaten Maluku Tenggara. 

 “Janji saya hanya satu, yakni bahwa saya dan rekan-rekan lainnya akan berusaa semaksimal mungkin agar bagaimana caranya nanti pergelaran Muswil PAN ini gaungnya akan besar dan lebih dikenal masyarakat luas nantinya,” tandasnya. (Gerry Ngamel/MN)







Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar