Marrin News

KNPI Malra Akan Gelar Lomba Perahu Layar Jelang Hari Sumpah Pemuda

Ketua DPD KNPI Kabupaten Maluku Tenggara, Goly Jaftoran Saat Diwawancarai Awak Media di Ohoi Tetoad Kecamatan Hoat Sorbay, Sabtu (19/9/2020). Foto/Gerry.

Langgur, Marrinnews.com – DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Maluku Tenggara berencana akan menggelar lomba perahu layar pada bulan Oktober 2020 mendatang. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda.

“Iven ini kami rencanakan berlangsung satu minggu sebelum menjelang puncak peringatan hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober nanti. Rencananya, dimulai tanggal 22 Oktober dan finalnya tanggal 27 Oktober 2020,” ungkap Ketua DPD KNPI Malra Goly Jaftoran kepada awak Marrin News saat ditemui di Ohoi Tetoad, Sabtu (19/9/2020).

Jaftoran sebut, perlombaan tersebut dibuka untuk umum. Pesertanya pun tidak harus mewakilkan kecamatan atau Ohoi (desa).

 “Siapa saja boleh ikut serta dalam lomba itu, baik masyarakat Malra maupun Kota Tual,” katanya.

Goly menjelaskan, lomba perahu layar ini dilaksanakan mengacu pada aspek pariwisata dan kebudayaan.

“Pada zaman dulu, orang tetua kita berlayar hanya dengan menggunakan perahu layar. Nah, lewat iven inilah kita mau mengangkat kembali sejarah itu,” ujarnya.

Ia menambahkan, bila dibandingkan dengan lomba perahu belan, cakupan iven perahu layar hanya berskala kecil. 

“Kalau lomba perahu belan itu melibatkan Ratschap, sedangkan perahu layar siapa saja bisa ikut berpartisipasi. Jadi, kami (KNPI) memilih menggelar lomba perahu layar,” katanya.

Menurut Jaftoran, pada hari puncak peringatan hari Sumpah Pemuda tahun ini, DPD KNPI Malra akan menggelar upacara besar-besaran di SMK Migas Muhamadiyah Ohoi Wain Kecamatan Kei Kecil Timur.

“Saya berharap, seluruh pemuda-pemudi di kedua daerah ini dapat berpartisipasi langsung dalam kegiatan ini,” pungkasnya. (Gerryngamel/MN)

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar