Marrin News

Jelang Peringatan Hari Nen Dit Sakmas, Bupati Malra Lantik 2 Srikandi Dalam Jabatan Kadis

Prosesi Pelantikan Dua Kepala Dinas Lingkup Pemda Malra oleh Bupati M. Thaher Hanubun, Sabtu (5/9/2020).  Foto/istimewa.

Langgur, Marrinews.com - Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun melantik dua Srikandi Nuhu Evav dalam jabatan Pimpinan Tinggi Pratama atau Eselon II lingkup Pemerintah daerah Malra, bertempat di Aula Kantor Bupati Jalan Abraham Koedoeboen Langgur, Sabtu (5/9/2020).

Dua Pejabat yang dilantik, masing-masing yakni Maryam Matdoan sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Perempuan dan Perlindungan Anak serta Theresia Tamnge sebagai Kepala Dinas Pendapatan Daerah.

Momentum Pelantikan dua Srikandi sebagai Kadis di lingkup Pemerintahan daerah berjuluk Larvul Ngabal ini terasa begitu bermakna. Pasalnya, dilaksanakan menjelang peringatan hari Nen Sit Sakmas yang akan dirayakan pada tanggal 7 September 2020 nanti.

“Hari ini sangatlah luar biasa karena ada dua Srikandi yang dilantik sebagai Kadis menjelang peringatan hari Nen Dit Sakmas pada Senin (7/9/2020) nanti. Ini tentu merupakan berkah sekaligus ‘hadiah khusus' bagi kedua Srikandi ini. Semoga dengan ini juga menjadi motivasi bagi keduanya dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab,” tutur Thaher di awal sambutannya saat itu.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan, pelantikan pejabat Eselon II.b sesungguhnya adalah hal yang biasa, yang mana merupakan wujud implementasi dari Perda 04 Tahun 2019 sebagaimana telah diubah dengan Perda 01 Tahun 2020 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Maluku Tenggara.

Thaher mengatakan, kedua Pejabat Eselon II yang dilantik, telah melalui tahapan seleksi terbuka yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. Selain itu, juga telah mendapat persetujuan dari Komisi Aparatur Sipil Negara.

Mantan Anggota DPRD Provinsi Maluku itu menegaskan, evaluasi kinerja terhadap seluruh Kepala Perangkat daerah akan terus dilakukan. 
“Bilamana saudara (para Kepala SKPD) tidak serius dan berkinerja baik, maka tidak menutup kemungkinan akan dilakukan rotasi maupun mutasi,” tegas dia.

Senada hal itu, Bupati menginginkan agar ASN, terutama yang dipercayakan memangku jabatan Eselon II untuk senantiasa fokus pada pelaksanaan program dan kegiatan sebagaimana termuat dalam RPJMD 2018-2023. Terlebih khusus terkait pencapaian program prioritas 11 M.

Bupati mengingatkan, saat ini Tim Bappenas telah berada di Maluku Tenggara dalam rangka perumusan kebijakan percepatan pembangunan daerah. 

Untuk itu, Ia meminta setiap perangkat daerah terkait agar lebih serius dan cermat dalam memberikan masukan serta menyediakan data dan informasi yang diperlukan kepada Tim Bappenas.

Tak Ada Lobi-Lobi 

Sementara itu, dalam beberapa hari kedepan, kata Bupati, akan dilakukan pembahasan perubahan APBD tahun 2020 di DPRD. Untuk itu, ia meminta setiap kepala OPD agar mematuhi mekanisme dan mengikuti pembahasan dengan baik.

Thaher ungkap, alokasi plus minus anggaran pemerintah daerah sudah dibahas internal oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TPAD) yang kemudian telah dilaporkan kepadanya selaku penguasa anggaran.

"Harapan saya, tidak ada lobi-lobi atau sejenisnya diluar mekanisme dengan maksud agar anggaran SKPD-nya ditambah. Hal itu mengingat kondisi pendapatan dan kondisi lainnya menyebabkan kita harus lebih efisien dan efektif dalam pelaksanaan program dan kegiatan," pungkasnya. (MN-16)

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar