Marrin News

Bupati Malra Lantik Hasyim Rengil Jadi Camat Kuba

Penyematan Pangkat bagi Camat Kei Besar Utara Barat Hasyim Rengil oleh Bupati Maluku Tenggara, Bertempat di Aula Kantor Bupati, Rabu (23/9/2020). Foto/Bag. Prokopim Malra.

Langgur, Marrinnews.com - Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun melantik Hasyim Rengil sebagai Camat Kei Besar Utara Barat (Kuba). Proses pelantikan dan pengambilan sumpah berlangsung di aula kantor Bupati-Jalan Abraham Koedoeboen Langgur, Rabu (23/9/2020).

Hasyim Rengil sebelumnya menjabat Kepala Seksi Administrasi dan Produk Hukum Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Maluku Tenggara. Ia didaulat menggantikan Chandra Namsa sesuai Surat Keputusan Bupati Nomor : 831.23/SK/17/2020 tertanggal 22 September 2020.

Bupati Malra dalam arahannya menyatakan, pelantikan Hasyim Rengil sebagai Camat Kuba telah memenuhi persyaratan kepegawaian dan ketentuan Perundang – Undangan sebagaimana berlaku. Salah satunya, berdasarkan ketentuan Pasal 224 Ayat (2) UU 23 Tahun 2014.

“Atas dasar itulah dan sesuai penilaian kami bahwa yang mana sudah memenuhi syarat kepegawaian dan memiliki pengetahuan teknis pemerintahan, sehingga hari ini saya melantik Camat Kei Besar Utara Barat,” katanya.

Menurut Hanubun, kebijakan Kepegawaian berupa rotasi dan mutasi adalah hal yang biasa dalam manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN).

Lebih dari itu, Bupati akui, dirinya menginginkan setiap ASN pada lingkup Pemda Malra, terutama bagi yang dipercayakan menduduki jabatan Camat memiliki kapasitas yang mempuni, berdedikasi serta loyalitas yang tinggi.

Hal tersebut, jelas dia, agar mereka (ASN atau Camat) bisa menjadi teladan dan panutan bagi masyarakat. 

Thaher menegaskan, penilaian dan evaluasi terhadap kinerja seluruh Camat di wilayah Pemerintahan daerah berjuluk Larvul Ngabal ini akan senantiasa dilakukan terus-menerus.

“Pergantian Camat di hari ini adalah bagian dari komitmen saya untuk mengganti Camat yang tidak berkinerja baik,” bebernya.
Bupati Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanubun Saat Memberikan Arahan Usai Melantik Camat Kei Besar Utara Barat Hasyim Tengil. Foto/Bag. Prokopim.

Mantan Anggota DPRD Provinsi Maluku ini mengingatkan Camat yang dilantiknya itu untuk dapat bekerja lebih keras lagi dan inovatif, sehingga dapat mewujudkan target-target  pembangunan.

Thaher ungkap, saat ini Maluku Tenggara tengah diperhadapkan pada permasalahan angka kemiskinan dan tingkar stunting yang dinilai masih cukup tinggi.

Untuk itu, Bupati berharap, peran aktif setiap Camat dalam mensinergikan kebijakan dan program pembangunan yang masuk ke wilayah masing-masing.  

Ia juga membutuhkan sinergitas dan kerjasama antara berbagai stakeholder guna mengatasi permasalahan stunting.

“Saya harap, Camat tetap menempatkan penanganan stunting sebagai prioritas pembangunan di Ohoi. Hendaknya perencanaan pembangunan Desa/Ohoi lebih tepat dan berdampak pada pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” pintanya.

Sementara terkait pengangkatan Kepala Ohoi, Hanubun meminta para Camat agar dapat mempercepat proses pengangkatan Kepala Ohoi definitif. 

Meski demikian, Bupati ingatkan, dalam proses pengangkatan tersebut harus sesuai dengan ketentuan perundang-undangan serta tatanan hukum adat yang berlaku. 

“Saya minta ada perhatian serius dalam menangani proses pengangkatan Kepo ini. Ciptakan suasana kondusif dan jangan menjadi bagian dari permasalahan serta konflik di tengah-tengah masyarakat,” tandasnya. (Gerryngamel/MN)

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar