Marrin News

Jelang HUT Pramuka, Kwarcab Tual Gelar Bakti sosial, Ziarah ke TMP dan Rakercab


Ketua Harian M Zein Renhoat S.P,I saat memberikan sambutan mewakili Ketua Kwarcab Kota Tual Usman Tamnge

Tual, Marrinnews.com.- Jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka Ke-59 yang jatuh pada 14 Agustus 2020, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Tual menggelar Rapat Kerja Tahun 2020 yang berlangsung di Gedung Baileo Tual, Kamis (13/08/2020).

Ketua Harian M Zein Renhoat S.P,I dalam sambutan mewakili Ketua Kwarcab Kota Tual Usman Tamnge  mengatakan kegiatan Kepramukaan sangat berkaitan erat dan tidak bisa dilepas pisahkan dengan dunia pendidikan, hal ini mengingat Pramuka menjadi satu-satunya kegiatan ekstra kurikuler sebagaimana keputusan Presiden  no 4 tahun 2010 tentang gerakan kepramukaan.

"Jadi Kaka kaka sekalian kegiatan Pramuka disekolah itu tidak boleh diremehkan sekarang, jangan sampai dianggap sebagai kegiatan hura hura atau hanya untuk mengisi kegiatan ekstra kurikuler dilaporan  pendidikan dan sebagainya," Pintanya.

Menurutnya gerakan pramuka itu ada dalam rangka membentuk karakter dari siswa, karena pembentukan karakter tidak hanya melalui kegiatan intra tetapi juga kegiatan ekstrakurikuler, untuk itu Renhoat mengharapkan melalui Rakerda Tahun 2020 dapat merumuskan program kerja dapat meningkatkan kualitas gerakan pramuka di Kota Tual.

"Mengingat betapa pentingnya gerakan pramuka disekolah sehingga hari ini kita melaksanakan rapat kerja gerakan pramuka cabang Kota Tual yang bertujuan untuk melakukan  evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan pramuka selama Tahun 2019 dan 2020," Katanya.

"Dimana kelemahan kita dan apa yang telah dicapai, juga apa yang perlu dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas dan mutu Pendidikan khususnya pembentukan karakter para siswa" Tambahnya.
Ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan

Lebih lanjut kata dia, selain evaluasi Rapat kerja juga bertujuan untuk menyusun program kerja untuk 2 Tahun kedepan, untuk itu dirinya mengharapkan agar dalam penyusunanya jangan sampai melenceng dari tujuan yang ingin capai.

"Bagi kaka kaka sekalian, Rakerda ini sangat strategis dan penting  utnuk masa depan gerakan kepramukaan di Kota Tual," Pintanya.

Diakhir sambutannya Renhoat mengingatkan kepada para kepala sekolah yang sekaligus sebagai Kamabigus agar saat kembali kesekolah dapat menyampaikan serta mengimplementasi seluruh hasil Rakerda di sekolah masing masing.

Untuk diketahui, Selain Rakerda, Pramuka Kwarcab Kota Tual juga melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan dalam menyambut HUT Pramuka Ke-59 diantaranya bakti sosial dengan melakukan pembersihan di tempat ibadah serta sarana umum lainnya dengan melibatkan Kamabigus, pembina dan perwakilan siswa dan pada sore harinya dilanjutkan dengan kegiatan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) dengan upacara tabur bunga guna mengenang arwah para pahlawan yang telah gugur. (MN_86).


Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar