Marrin News

51 Ton Hasil Panen Rumput Laut Petani Watran Senilai Rp 357 Juta

Wali Kota Tual Adam Rahayaan


Tual Marrinnews.- Pemerintah Kota Tual menggelar panen rumput laut bersama kelompok budidaya rumput laut  di Teluk Luv Dusun Watran, Kecamatan Dullah Utara, Kota Tual, Kamis (27/8/2020).

Kehadiran Wali Kota Tual Adam Rahayaan bersama rombongan pada acara panen  berlangsung meriah dimana rombongan yang berjalan kaki dari Dusun Watran ke lokasi budidaya rumput laut disambut dengan tarian adat.

Pantauan Marrinnews, panen rumput laut diawali dengan penyerahan secara simbolis  5 ton bibit rumput laut dari Perwakilan Balai Budidaya Laut Ambon kepada Pemerintah Kota Tual dan dilanjutkan penyerahannya kepada nelayan budidaya oleh Wali Kota didampingi Wakil Ketua DPRD dan Kadis Perikanan.

Saat panen, Wali Kota bersama Forkopimda, Pimpinan DPRD dan sejumlah pimpinan OPD dengan menumpang speed boat diberikan kesempatan untuk memanen (mgan cara memotong rumput laut yang menggantung pada tali yang membentang diatas permukaan air.

Setelah memanen, rombongan menyempatkan diri melihat lihat lahan budidaya rumput laut yang luasnya sekitar lima hektar juga berdialog bersama dua perwakilan petani budidaya rumput laut.

Kepada Wali kota dan rombongan mewakili para petani, keduanya menyampaikan apresiasi dan berjanji pada panen raya tahun depan akan lebih banyak lagi dari saat ini.

Informasi yang dihimpun sekitar 51 Ton rumput laut yang dipanen oleh 35 kelompok budidaya rumput laut di Dusun Watran dengan memiliki nilai produksi sebesar Rp 357 juta harga jual rumput laut basah.

Dari 35 kelompok, 20 kelompok tercatat sudah mendapat bantuan dari Dinas Perikanan Tual sejak 2013 sampai 2019 dan Ada 10 kelompok yang mendapat bantuan dari pilot project tahun 2019.

Data produksi rumput laut, menurut Dinas Perikanan Kota Tual, di Dusun Watran pada tahun 2019 sebanyak 15.000 ton rumput laut basah. Sedangkan mulai Januari hingga Agustus 2020, tercatat sebanyak 11.712 ton rumput laut basah dengan uas lahan yang telah dimanfaatkan sebesar 5 hektar dari 10 hektar lahan potensial. Jumlah long line yang ada di Teluk Luv sebanyak 228 dengan panjang ukuran 150-200 meter.


Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar