Marrin News

Ratusan Kader PPKBD di Malra Terima Intensif Triwulan Pertama

Bupati Malra M. Thaher Hanubun, Ketua TPPKK Eva Elita Hanubun dan Sekda A. Yani Rahawarin serta Para Kader Penerima Intensif. Foto/BPKP Malra.

Malra, Marrinnews.com – Sebanyak 386 kader Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) dan sub PPKBD di Kabupaten Maluku Tenggara menerima intensif atau biaya operasional triwulan pertama tahun 2020 dari pemerintah daerah setempat.

Intensif ini diserahkan langsung Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun dan turut didampingi Ketua Tim Penggerak PPK Malra Eva Eliya Hanubun serta Sekertaris daerah Ahmad Yani Rahawarin, bertempat di aula kantor Bupati di Jalan Raya Langgur-Debut, Rabu (8/7/2020).

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Malra, Thalib Renhoran mengatakan, para kader penerima manfaat di Kabupaten Maluku Tenggara dibagi dalam dua klaster (kelompok), yakni klaster daratan Kei Kecil dan klaster pulau Kei Besar.

Renhoran menyebut, klaster daratan Kei Kecil terdiri dari 6 Kecamatan dan 75 ohoi (desa). Masing-masing ohoi dibina oleh dua kader. Total kader penerima intensif berjumlah 152 orang.

“Sedangkan untuk klaster pulau Kei Besar yang terdiri dari 5 kecamatan dari 117 ohoi, juga dibina oleh dua orang kader,” rincinya.

Renhoran mengaku, penyerahan intensif untuk klaster pulau Kei Besar dilakukan oleh petugas PLKB di ohoi atau kecamatan masing-masing.

Lebih lanjut Thalib ungkap, anggaran dasar pembiayaan program tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Non-Fisik tahun anggaran 2020. Itensif yang diterima para kader senilai Rp. 750.000 (triwulan I) per orang.

Kadis PPKB Malra ini menjelaskan, pemberian intensif atau biaya operasional bagi para kader merupakan suatu rangsangan dan motivasi untuk dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dalam membantu DPPKB.

“Tugas dan tanggung jawabnya adalah bersama DPPKB mengoptimalkan sekaligus mewujudkan impian program pembangunan keluarga dan keluarga kependudukan  (Banggakencana) di daerah ini,” terang dia.

Sementara itu, Bupati Malra M. Thaher Hanubun dalam sambutannya saat itu, menyambut baik pelaksanaan penyerahan intensif bagi para kader PPKBD dan Sub PPKBD.

Baginya, intensif ini merupakan stimulan bagi para kader sebagai upaya untuk memajukan dan meningkatkan pemahaman serta kinerja sebagai institusi masyarakat ohoi di lapangan.

“Saya berharap para kader mampu melaksanakan tugas di lapangan dengan penuh rasa tanggung jawab dalam menunjang program Banggakencana), sehingga dapat berjalan dengan baik,” pintanya.

Orang nomor satu di bumi Larvul Ngabal ini menegaskan, pelaksanaan program Bangga kencana berdasar pada Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 52 Tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga berencana.

Senada hal itu, menurut dia, para kader harus berperan aktif dalam menyukseskan program Banggakencana di Kabupaten Maluku Tenggara. Dengan begitu dapat mendorong terwujudnya keluarga berkualitas menuju keluarga bahagia dan sejahtera.

“Saya ingatkan, kader KB Desa agar tetap mencintai tugas yang telah dipercayakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana. Sehingga dapat mewujudkan impian kita dalam membangun keluarga sejahtera di Maluku Tenggara,” tandasnya. (MN-16)

Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar