Marrin News

Bupati Malra Rela Gadai Wing Demi Pembangunan Gedung Gereja Yamtimur

Bupati Malra M. Thaher Hanubun saat Bersama Umat Stasi Yamtimur Mengaduk Campuran Semen. Foto:Humas Malra

Malra, Marrinnews.com – Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun rela menggadaikan wing atau lencana kehormatan yang melekat di dadanya itu demi membantu penyelesaian pembangunan gedung Gereja Katolik Santo Cornelius Stasi Yamtimur-Paroki Hollat.

“Untuk bahan bangunan Gereja ini, nanti saya akan gadaikan Wing atau lambang ini ke pemilik toko di Elat atau Langgur, lalu ambil bahan bangunannya. Sehingga pekerjaan ini tak boleh berhenti, harus terus dikerjakan,” kata Hanubun saat berkunjung ke ohoi Yamtimur-Kecamatan Kei Besar Utara Timur, Sabtu (4/7/2020).

Bupati Thaher mengaku, bantuan dana untuk pembangunan gedung Gereja St. Cornelius Yamtimur akan masuk program anggaran Pemerintah daerah Maluku Tenggara tahun 2021.

“Bantuan dana untuk gereja Yamtimur akan masuk dalam perubahan anggaran tahun 2020 atau anggaran tahun 2021. Oleh karena itu, saya datang untuk memastikan bahwa ‘iya’ ada keinginan dari umat setempat untuk membangun gereja ini. Saya akan meminta persetujuan DPRD terkait dana bantuan ini,” ungkapnya.

Ia menegaskan, pekerjaan pembangunan gedung Gereja ini tak boleh terhambat. Untuk itu, sembari menunggu realisasi anggaran dimaksud, Wing miliknya itu akan digadai sebagai jaminan pengadaan bahan bangunan.

“Jadi mulai sekarang, jangan pikir lagi bahan bangunan dari mana ka dari mana lai, yang terpenting saat ini ada tenaga untuk kerja,” ujarnya.

“Kerja harus jalan terus, jangan kerja ibarat Senin Kamis. Kalau bisa, setelah pengecoran ini, bagian yang lain juga harus dikerjakan terus,” pinta Hanubun.
Bupati Malra M. Thaher Hanubun Saat Memberikan Arahan
Orang nomor satu di bumi berjuluk Larvul Ngabal ini menyatakan, Pemda Malra saat ini tidak lagi memberi sumbangan dana bagi tempat ibadat dalam jumlah kecil.

“Kita tidak akan memberikan sumbangan ke tempat-tempat ibadat  seperti dulu lagi, dimana hanya Rp. 50 juta atau paling banyak 100-150 juta. Karena itu dirasa takan cukup untuk menyelesaikan pembangunan yang ada,” terang dia.

Bupati Thaher mengingatkan, warga (umat/jemaat) jangan lagi mengajukan proposal untuk meminta bantuan kemana-mana. Melainkan, disampaikan langsung kepada dirinya selaku Bupati ataupun melalui pihak Pimpinan DPRD setempat.

“Saya minta agar jangan bawa proposal minta bantuan kemana-mana lagi. Minta saja kepada Bupati dan pimpinan DPRD,” katanya.

Mantan Anggota DPRD Provinsi Maluku ini menjelaskan, rumah yang dibangun itu, bukanlah rumah dinas ataupun rumah milik pimpinan agama, melainkan rumah Tuhan.  Sehingga apa yang dikerjakan hari ini, Tuhan pasti akan memberi kekuatan dan pertolongan.

“Saya mohon agar tidak ada konflik antara panitia satu dengan dengan yang lain, karena panitia tidak akan memegang uang apapun, hanya bahan bangunan saja. Semua akan diserahkan ke pada bapak Pastor,” tandasnya.

Untuk diketahui, kunjungan Bupati M. Thaher Hanubun ke ohoi Yamtimur guna melihat langsung pekerjaan pembangunan gedung gereja di wilayah tersebut.

Turut mendampingi, anggota DPRD Provinsi Maluku Amir Rumra, Ketua DPRD Malra Minduchri Koedoeboen, Wakil Ketua DPRD  Boscho Rahawarin, Sekertaris daerah Malra Ahmad Yani Rahawarin serta anggota DPRD lainnya dan Pimpinan Forkopimda. (Gerry Ngamel)




Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar