Marrin News

Proyek Jalan Hotmix Menuju Ohoinol Direncanakan Rampung Akhir Tahun Ini

Bupati Malra M. Thaher Hanubun bersama Rombongan Menyusuri Jalan Menuju Desa Ohoinol, Sabtu (20/6/2020). (Foto:GG)

Malra, Marrinnews.com – Proyek pembangunan ruas jalan hotmix Yafavun-Ohoinol-Kecamatan Kei Kecil Timur Kabupaten Maluku Tenggara, direncanakan rampung pada akhir tahun 2020.

“Saya akan berupaya agar sebelum perayaan natal dan tahun baru tahun 2020,  jalan ini sudah selesai dikerjakan,” ungkap Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun di Ohoi Ohoinol, Sabtu (20/6/2020).

Senada hal itu, Bupati meminta agar masyarakat Ohoinol dapat berpartisipasi aktif dalam mendukung progres dimaksud. Sehingga tentunya, impian warga untuk menikmati akses jalan yang memadai dapat segera terwujud.

“Saya mohon kerendahan hati dari saudara-saudari semua supaya dapat memberi izin dan tidak menghambat pekerjaan yang sementara dilakukan serta tidak meminta ganti rugi atas tanaman di sepanjang ruas jalan yang akan dikerjakan,” pinta Hanubun.

Orang nomor satu di negeri berjuluk Larvul Ngabal ini mengaku, permintaannya itu mengingat anggaran untuk pembangunan jalan saat ini sangat terbatas.

Keterbatasan itu, katanya, akibat dampak pandemi covid-19 yang berujung pada pemangkasan anggaran oleh Pemerintah Pusat.

“Anggaran kita dipangkas untuk menangani situasi virus corona.  Sehingga yang ada saat ini hanya cukup untuk membiayai proses pekerjaannya saja dan untuk ganti rugi tidak ada biayanya,” ujar Thaher.

Lebih lanjut, mantan anggota DPRD Provinsi Maluku ini menyatakan, akan ada penambahan 500 meter untuk ruas jalan Ohoinol.

Seperti diketahui, sebelumnya proyek ruas jalan Ohoinol sepanjang 1,6 kilometer. Jika, ditambah 500 meter, total panjang ruas jalan mencapai 2,1 kilometer.

Untuk memenuhi target penambahan ruas jalan tersebut, Bupati Hanubun meminta Penjabat ohoi setempat agar segera mengajukan surat permohonan ke pihak Pemerintah daerah, dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum.

“Secepatnya agar surat permohonan dimaksud dimasukan agar dapat direalisasikan bersama anggota DPRD saat pembahasan perubahan anggaran nanti,” katanya.

“Surat pemohonan itu juga agar disertakan dengan pernyataan kesediaan warga untuk tidak meminta ganti rugi atas tanaman di sepanjang ruas jalan,” tambahnya.

Sementara itu, Penjabat Ohoinol Emerikus Lefubun mengungkapkan, progres Bupati Thaher Hanubun dalam mengupayakan penyelesaian pembangunan jalan Ohoinol sangat luar biasa.

Bagi dia, dengan semangat dan kerja keras Bupati Malra saat ini, tentu masyarakat Ohoinol akan segera menikmati kemerdekaan atas jalan yang puluhan tahun telah menyengsarakan mereka.

“Kami anggap selama ini, kami belum merdeka karena dijajah oleh jalan ini. Untuk itu, atas nama masyarakat Ohoinol, kami sampaikan terima kasih kepada Bupati Malra dan semua pihak yang sudah mau berjuang untuk kami,” ucap Lefubun.
Untuk diketahui, pada Sabtu (20/6/2020) Bupati Malra M. Thaher Hanubun bersama Kepala dinas PUPR Jan Pieter Rahanra dan staf, serta anggota Komisi III DPRD Malra Imanuel Ufi, meninjau langsung proyek pembangunan ruas jalan Ohoinol.

Dalam kesempatan itu, Bupati bersama rombongan menyusuri jalan sembari berjalan kaki, mulai dari batas jalan yang telah dihotmix hingga memasuki area perkampungan Ohoinol.

Setelah tiba di Ohoinol, Bupati  Hanubun menyempatkan diri berdialog dengan warga di balai ohoi setempat. Dalam dialog itu, warga terlihat begitu antusias. (Gerry Ngamel)

Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar