Marrin News

PMKRI Nilai Upaya Penguatan Pangan yang Digagas Pemda Malra sangat Strategis

Pembukaan Lahan kebun di area kantor Bupati Malra.
Pembukaan Lahan kebun di Ohoi Debut

Langgur, Marrinnews.com – Ketua Presidium Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Yohanes Aerts Cabang Langgur, Yosep Rahawarin menyatakan, jajaran PMKRI setempat menilai upaya Pemerintah Daerah Maluku Tenggara mendorong penguatan pangan lokal sebagai kebijakan yang sangat strategis menuju ketersediaan pangan dalam masa Pandemi Covid 19.

“Kami melihat Pemda Malra sangat sigap menangani kebutuhan pangan lokal. Tentu ini hal positif bagi kelangsungan masyarakat ditengah situasi pandemi yang tak tau kapan berakhirnya,” ungkap Rahawarin saat ditemui di Margasiswa PMKRI, Senin (01/06/2020) siang.

Jora (sapaan akrab) mengatakan, wujud nyata penanganan itu nampak dari adanya kebun manunggal yang dibuat Pemda Malra bersama TNI/Polri di beberapa tempat berbeda. Tak sampai disitu, Pemerintah di bumi berjuluk Larvul Ngabal juga berhasil menghipnotis masyarakat, sehingga banyak terlihat antusiasme warga untuk membuat Kebun.

“Dari pantauan kami pada beberapa titik lokasi, baik Pemerintah Ohoi ataupun warga setempat sudah mulai berkebun. Ada yang sudah mulai menanam, ada pula yang baru mulai membuka lahan. Untuk itu, sosialisasi ketahanan pangan yang dikumandangkan Pemda, sejauh ini sangat berhasil,” sebutnya.

Ketua Presedium PMKRI Cabang Langgur, Yohanes Rahawarin
Ketua Presedium PMKRI Cabang Langgur, Yohanes Rahawarin

Menurut Rahawarin, progres Pemda dalam memenuhi ketersedian pangan lokal adalah alarm (peringatan) agar menguatkan daya dukung kebutuhan pangan dan stabilitas ekonomi masyarakat.  Untuk hal ini maka dukungan dari semua elemen sangat diharapkan.

"Virus Corona itu berhubungan dengan imun tubuh. Sementara imunitas itu syaratnya harus ada ketersediaan pangan yang baik. Nah, dengan tersedianya pangan lokal yang memadai, tentu akan sangat membantu,” jelas Rahawarin.

Mahasiswa STIS Mutiara Langgur itu menilai, program Pemerintah ini sejalan dengan kajian internal PMKRI cabang Langgur. Dimana, salah satunya untuk mengatasi ancaman dan dampak ketahanan pangan akibat pandemi Covid-19.

“PMKRI Yohanes Aerts telah melakukan gerakan ayo berkebun dan mengajak masyarakat penuhi kebutuhan pangan dengan berkebun. Pada hari Sabtu (29/5/2020) kemarin juga, kami bersama dengan Danramil beserta jajarannya, Penjabat Ohoi Debut dan jajarannya membersihkan kebun di Ohoi Debut,” katanya.

Kapres PMKRI cabang Langgur ini menyatakan, pihaknya akan tetap mendukung program pemerintah yang pro terhadap rakyat, begitu pun sebaliknya.

“Kami tetap ada pada posisi ‘Pro Eclesia et Patria’ untuk Gereja dan Tanah Air,” tegas Rahawarin. (Gerry)


Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar