Marrin News

Meskipun Kantongi Rapid Test, 21 Kru KM Bintang Mutiara 6 Tidak Diperkenankan Turun

Dansatgas Angkutan Laut yang juga Komandan Lanal Tual Kolonel Laut (P)  Gusti Putu Wisnawa M.tr (Hanla) yang didampingi Kepala PPN Tual Sil Jaftoran saat memeriksa dokumen serta rapid tes 21 kru KM Bintang Mutiara 6, Jumat (19/06/2020) Malam


Tual, Marrinnews.com.- Kapal ikan KM Bintang Mutiara 6 dari Pelabuhan Benoa Provinsi Denpasar saat tiba di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Tual menjalani pemeriksaan intensif oleh Tim Satgas Angkutan Laut, Jumat (19/06/2020) Malam.

Pantauan Marrinnews, Dalam pemeriksaan, walaupun telah mengantongi Rapid Test namun 21 kru yang terdiri dari 20 ABK dan satu nahkoda menjalani pemeriksaan protokoler kesehatan diantaranya pengecekan kondisi fisik serta suhu badan.

Dari hasil pemeriksaan oleh tim medis Dinas Kesehatan dan Angkatan Laut (Lanal) Tual terhadap 21 kru bermasker itu tidak ditemukan gejala atau suhu badan yang melebihi standar.

"Suhu terendah 30 derajat celcius dan yang tertinggi 36,6 derajat celcius," Ujar M Sairlela salah satu Tim Medis lengkap dengan pakaian hazmat kepada Marrinnews.



Terpisah Dansatgas Angkutan Laut yang juga Komandan Lanal Tual Kolonel Laut (P)  Gusti Putu Wisnawa M.tr (Hanla) yang didampingi Kepala PPN Tual Sil Jaftoran dan Kasat Narkoba Iptu A Kenne mengatakan Kapal ikan KM Bintang Mutiara 6 tambat di pelabuhan PPN Tual dalam rangka mengurus perizinan guna mencari ikan ke Daerah Penangkapan ikan (fishing ground).

"Direncanakan besok pagi setelah clearence (izin) diselesaikan maka akan melanjutkan pencarian ikan ke laut arafura," Ujar Pria dengan 3 melati dipundaknya itu.

Meski begitu sambungnya, sesuai prosedur, usai menjalani pemeriksaan oleh tim medis 21 kru kapal kembali kekapal dan dilarang turun dari kapal dan segala urusan cukup dipercayakan pada pengurus yang ada di Tual.

"Guna memastikannya saya telah memerintahkan anggota saya untuk mulai malam ini berjaga dipelabuhan sampai kapal berangkat besoknya," Tegasnya.

Data yang dihimpun kapal ikan KM Bintang Mutiara 6 milik Djen dengan nahkoda Burhanudin berangkat dari Pelabuhan Benoa Provinsi Denpasar sejak 9 Juni dan tiba di Pelabuhan PPN Tual 19 Juni malam  dengan tujuan melapor ke PPN Tual untuk melakukan pencarian ikan dilaut Arafura - Fishing  Ground WPPNRI 718. (MN_86).


Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar