Marrin News

Kadis Dikbud : Penentuan Kelulusan SMP sederajat hari ini berdasarkan Portofolio dan Hasil Ujian Sekolah

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tual M Zein Renhoat S.Pd.I

Tual, Marrinnews.com.-  Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan M Zein Renhoat S.Pd.I mengatakan penentuan kelulusan bagi siswa SMP dan MTS di Kota Tual dilakukan dengan portofolio dan juga hasil ujian sekolah dan pelaksanaanya telah dilakukan terlebih dahulu sebelum permberlakuan Belajar dari Rumah oleh Pemerintah.

"Sesuai edaran Kemendikbud terkait penentuan kelulusan dimasa pandemi Covid 19 dilakukan dengan portofolio dan hasil ujian sekolah, untuk di Tual, kita telah lakukan ke dua duanya sebelum edaran untuk pembelajaran dari rumah diterapkan," Jelas Renhoat kepada Media ini diruang kerjanya, Jumat (4/06/2020).

Lebih lanjut kata dia hal tersebut juga telah disampaikan sebelumnya kepada para kepala sekolah, selanjutnya hasil ujian akan diolah pada sekolah masing masing dan pada hari ini akan di lakukan pengumuman hasil kelulusan.

"Hasil kelulusan sendiri akan diumumkan melalui 2 cara yaitu secara online dan offline, bagi sekolah yang telah memiliki perangkat akan dilakukan secara online ," Ujarnya.

"Sementara bagi sekolah yang belum memiliki perangkat, Pengumuman akan disampaikan secara langsung dimana pihak sekolah akan langsung mendatangi rumah masing masing," Ungkapnya.

Pihak sekolah sambungnya saat ini telah mempersiapkan pemberitahuan secara langsung ke rumah siswa sedangkan bagi sekolah yang jumlah siswanya sedikit pengumuman kelulusan akan ditempel disekolah masing masing.

Dijelaskanya jumlah siswa yang mengikuti ujian pada tahun pelajaran 2019-2020 baik itu sekolah dibawah pengawasan dan binaan Dikbud maupun dibawah Kementrian Agama berjumlah total 1434 dengan rincian SMP sebanyak 23 sekolah dengan jumlah siswa 1302 dan MTS 6 sekolah dengan jumlah siswa 132.

"Untuk presentase hasil kelulusan sendiri besok baru bisa disampaikan, karena hari ini baru diumumkan, kan bisa saja dia tidak lulus karena tidak sekolah atau tidak mengikuti ujian," Paparnya.

"Tapi diharapkan semuanya bisa lulus untuk selanjutnya mereka bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi," Harapnya. (MN_86).


Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar