Marrin News

Lagi, 20 Kru KM Muara Mas Diperiksa Tim Medis Tual

Kasdim 1503 Tual Mayor Arm Udin R saat memeriksa Nahkoda KM Muara Mas menggunakan Thermo Scan
Kasdim 1503 Tual Mayor Arm Udin R saat memeriksa Nahkoda KM Muara Mas menggunakan Thermo Scan


Tual, Marrinnews.com.- Sebanyak 20 Kru KM Muara Mas milik PT Temas dari pelabuhan Ambon yang tiba di pelabuhan yos sudarso Tual diperiksa Tim Medis Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid -19 Kota Tual pada, Sabtu malam (2/05/2020).

"20 kru tersebut terdiri dari 19 ABK dan 1 nahkoda telah diperiksa dengan mengecek suhu badan menggunakan thermo scan," Ujar Kadis Kesehatan dr Betty Zubaedah kepada media ini di Pelabuhan Laut Yos Sudarso Tual.
Tim Covid 19 Kota Tual saat melaksanakan pemeriksaan kesehatan terhadap kru KM Muara Mas di Pelabuhan Yos Sudarso Tual, Sabtu Malam (02/05/2020)
Tim Covid 19 Kota Tual saat melaksanakan pemeriksaan kesehatan terhadap kru KM Muara Mas di Pelabuhan Yos Sudarso Tual, Sabtu Malam (02/05/2020)

Lanjut kata dia dari hasil pemeriksaan semua kru dinyatakan sehat dengan suhu badan paling tinggi saat dites 35,3 dimana masih normal.

"Nahkodanya diketahui memiliki riwayat struk tapi alhamdulilah saat di tes suhu badan semuanya normal yaitu masih di bawah 38 sehinga tidak dilakukan penanganan medis lanjutan," Jelasnya.

Sementara itu perwira jaga UPP Kelas 2 Tual Imran Wusurwut mengatakan KM Muara Mas telah sandar dipelabuhan Tual sejak pukul 17:00 Wit meskipun 20 kru baru di periksa oleh tim medis pada pukul 21:00 wit namun telah ditangani sesuai prosedur penanganan.

"Kapal dengan tanda bendera kuning menunjukan bahwa berasal dari zona merah, sesuai prosedur saat tiba tim karantina akan naik terlebih dulu ke kapal dan meminta kru tetap berada dikapal sampai tim medis tiba untuk melakukan pemeriksaan kesehatan," Ungkapnya.

"Jadi selama tim medis covid-19 belum datang kru maupun agen yang berada didarat tidak diperkenankan naik atau turun, petugas jaga UPP juga stanby memantau di Pelabuhan," Tambahnya.

Selain itu sambungnya, Kru Kapal setelah pemeriksaan walaupun telah dinyatakan sehat tidak diperkenankan turun ke darat untuk beraktifitas, apabila ada kebutuhan yang harus dipenuhi maka agen atau pengurus kapal yang ada di Tual yang nanti mengurusnya.

Data yang dihimpun, KM Muara Mas dari pelabuhan asal Surabaya dengan rute Ambon, Tual akan menurunkan 20 Kontener, sementara yang akan naik dari pelabuhan Tual berjumlah 40  kontener akan melanjutkan perjalan ke Dobo dan selanjutnya kembali ke Surabaya.

Hadir dalam pemeriksaan kesehatan Kasdim 1503 Mayor Arm Udin R, Komandan Kodim Persiapan Ali Rahim, Kabag Humas dan Protokoler Moksen Ohoiyuf.S.Stp, Tim Medis Covid-19 Tual,  Bripka Faisal bersama personil KP3 Pelabuhan, 6 BKO Brimob dipimpin Bripka Erik Naruwa dan Tim UPP Kelas 2 Tual. (MN_86).


Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar