Marrin News

Jaga Stabilitas Harga Barang menjelang Idul Fitri, Pemkot Gelar Pasar Murah

Wali Kota Adam Rahayaan Dan Wakil Walikota Usman Tamnge saat meninjau pelaksanaan pasar murah

Tual, Marrinnews.com.- Pemerintah Kota Tual menggelar pasar murah dengan sasaran masyarakat berpenghasilan rendah  (MBR) jelang Idul Fitri 1441 Hijriyah yang berlangsung di pasar baru Un,  Rabu, (20/05/2020).

Wali Kota Tual Adam Rahayaan dalam arahannya dihadapan, Wakil Walikota, Ketua DPRD, Forkopimda, Muspida, Asisten, Kepala OPD, Pimpinan Perbankan, Kepala Pertamina, Para Raja dan MBR mengatakan pelaksanaan pasar murah oleh Pemkot guna menjaga stabilitas harga barang menjelang H-3 perayaan Idul Fitri 1441 Hijriyah.

"Juga sebagai upaya meringankan serta mambantu kebutuhan masyarakat khususnya masyarakat berpenghasilan rendah dalam menghadapi Hari Raya Idul Fitri," Ujarnya.

Lebih lanjut kata dia, Pelaksanaan pasar murah saat ini berbeda dengan sebelumnya dimana kita dihadapkan dengan pandemi covid 19 yang mewabah, sehingga telah mempengerahui seluruh aspek kehidupan.

"Sebagai orang beragama dan beriman, kita harus percaya bahwa ini adalah ujian serta teguran dari tuhan sehingga kita harus ikhlas dan sabar menerimanya," Pintanya.

Dijelaskannya dalam pelaksanaan pasar murah, Pemkot menyalurkan sebanyak 1325  paket yang dibagi di 3 tempat dengan rincian pasar Un sebanyak 665, Fiditan 178 dan Ngadi 482 yang bersumber dari DPA Dinas terkait juga Donasi dari Bank Modern, BRI, BNI dan Bank Maluku maluku Utara dan Modern ekspres.

Data yang dihimpun, Penentuan 1325 MBR penerima kupon ditetapkan berdasarkan data dari Dinas Bapeda. setiap MBR mendapat satu kupon yang bisa digunakan untuk membeli 1 paket Beras, gula pasir, terigu,minyak goreng, susu,sirup dan mentega seharga Rp 40.000.

Selain paket sembako, kupon juga bisa digunakan untuk membeli ikan dengan harga satu tumpuk Rp 5000, sayur Rp 5000 3 ikat, Bawang merah Rp 45000 per kg dan Ayam Potong Rp 25.000 per ekor. sementara untuk minyak tanah yang disediakan oleh PT Pertamina Tual, dijual untuk umum, dengan harga Rp 20.000 per 5 liter.
Warga Hayati Tamnge

Terpisah, salah satu MBR Hayati Tamnge saat ditemui mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Pemkot yang telah mengadakan pasar murah yang dinilai sangat membantu.

"Harganya murah dan terjangkau, pelayanan juga baik, dengan satu kupon beta gunakan untuk membeli sembako,ikan, sayur dan ayam," Ujar Tamnge sambil menunjukan barang belanjanya.

"Untuk ikan dan sayur akan langsung dimasak hari ini, sementara ayam dan sembako akan digunakan untuk keperluan hari raya nanti," Tambahnya. (MN_86).



Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar