Marrin News

Cegah Penyebaran Covid-19, PPLP Tual Kerahkan 2 Armada Patroli

Kepala Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PPLP) Kelas 2 Tual Harto S.Mn
Kepala Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PPLP) Kelas 2 Tual Harto S.Mn



Tual, Marrinnews.com.- Secara geografis Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) memiliki luas lautan lebih besar dari daratan, sehingga pada wilayah pesisir memiliki akses masuk yang sangat terbuka dan rentan terhadap masuknya  Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), guna pencegahan, peran serta unsur Maritim diharapkan dapat berperan aktif memutus mata rantai penyebaran melalui jalur laut.

Terhadap kondisi tersebut, Kepala Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PPLP) Kelas 2 Tual Harto S.Mn mengatakan dalam rangka pencegahan Covid-19 sesuai tugas pokok sebagai unsur penegak perundang – undangan di laut pihaknya telah mengoperasikan armada patroli sesuai dengan rencana operasi.

“Guna pencegahan Covid 19,PPLP selalu berperan aktif dengan melakukan pemantauan dilaut untuk menghalau kapal kapal, baik itu kapal asing maupun kapal nelayan agar tidak memasuki wilayah perairan Tual dan Malra,” Ujar Harto di Pelabuhan PPLP Danar Kabupaten Maluku Tenggara pada, Senin (4/05/2020).

Lebih lanjut kata dia, Pihaknya juga bersinergi bersama Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid -19 Kota Tual dan Malra mengahalau masuknya nelayan Andon (Nelayan kecil dari luarDaerah) yang akan masuk untuk mencari telur ikan, langkah ini diambil, mengingat para nelayan tersebut berasal dari Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara yang berstatus Zona merah.

“Sebagai salah satu unsur maritim, PPLP juga terlibat saat rapat di Mako Lanal Tual yang dihadiri unsur maritim, Polres Malra, Kodim 1503, Lanud Dumatubun Langgur serta Tim Covid 19 Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara dalam rapat strategis membahas upaya memutus mata rantai penyebaran virus melalui nelayan andon yang akan masuk untuk mencari telur ikan disini,” Ungkapnya.

“Walaupun saat ini Tual dan Malra berada di zona hijau akan tetapi sesuai arahan dari Bupati dan Wali Kota agar semua unsur maritim tetap memantau dan melaksanakan penjagaan semaksimal mungkin dengan melakukan patroli terpadu bersama TNI dan Polri di sekitar pesisir,” Tambahnya.

Dalam mendukung patroli Gabungan tersebut sambungnya, PPLP telah menyiapkan dua unsur kapal diantaranya kapal kelas 2 KN Salawaku yang bisa memantau seluruh perairan dengan daya jelajah ratusan mil dan KN 364 yang nantinya mencover seluruh wilayah diperairan Kota Tual dan Maluku Tenggara.

Kepada anggotanya ia menghimbau agar saat melaksanakan tugas baik di darat maupun di laut menaati dan mengikuti protokol kesehatan.(MN_86)

Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar