Marrin News

Cegah Covid-19, 20 ABK KM SPIL Hayo Diperiksa Tim Medis Tual

Pewarta : Kalbahar Renhoat

Tim Medis Covid 19 Tual saat memeriksa 20 ABK dan Nahkoda KM SPIL Hayo, Jumat (1/05/2020)
Tim Medis Covid 19 Tual saat memeriksa 20 ABK dan Nahkoda KM SPIL Hayo, Jumat (1/05/2020)



Tual, Marrinnews.com.- Setelah dikeluarkannya Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2020 tertanggal 23 April 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 Hijriah dalam rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) mengakibatkan seluruh kapal penumpang milik PT Pelni Port Stay (Parkir di Pelabuhan) namun tidak pada angkutan barang.

Guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 selama angkutan barang yang masuk di Kota Tual, Tim Medis yang di pimpin langsung Kasdim 1503 Mayor Arm Udin R memeriksa 20 ABK KM SPIL Hayo yang tiba dipelabuhan Yos Sudarso Tual, Jumat malam (1/05/2020).

"setelah mendapat informasi dari Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas 2 Tual bersama tim langsung menuju ke pelabuhan tual," Ujar Kasdim 1503 Mayor Udin R kepada media ini di Pelabuhan Tual.

Lebih lanjut kata dia kehadiran dirinya selain mendampingi tim medis dalam pemeriksaan suhu badan dengan menggunakan thermo scan juga memastikan seluruh ABK tidak melakukan aktivitas di darat.

"selain itu kepada seluruh ABK dilarang turun melakukan aktivitas di darat, sekiranya ada kebutuhan yang diperlukan bisa menggunakan agen atau pengurus SPIL yang ada," Tegasnya.

Sementara itu Koordinator Lapangan Pelabuhan Tual Hamdy Abduh saat dikonfirmasi terkait upaya pencegahan oleh UPP Kelas 2 Tual mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak karantina pelabuhan Tual dimana setiap kapal barang khususnya yang baru tiba dari Zona Merah akan langsung diperiksa seluruh ABKnya.

"sebelum sandar, kapal akan diinformasikan melalui radio apabila kapal tersebut berasal dari zona merah diwajibkan memasang bendera kuning," Jelasnya.
Kasdim 1503 Tual Mayor arm Undin R bersama Koordinator Lapangan UPP Kelas 2 Tual Hamdy Abduh saat Memantau pemeriksaan ABK KM SPIL Hayo di Pelabuhan Yos Sudarso Tual
Kasdim 1503 Tual Mayor arm Undin R bersama Koordinator Lapangan UPP Kelas 2 Tual Hamdy Abduh saat Memantau pemeriksaan ABK KM SPIL Hayo di Pelabuhan Yos Sudarso Tual

Nantinya sambung Hamdy, setelah berkoordinasi dengan pihak karantina informasi tersebut akan dilanjutkan ke Tim Covid-19 Kota Tual untuk dilakukan pemeriksaan terhadap ABK.

Data yang di himpun media ini KM SPIL Hayo yang datang dari pelabuhan asal Surabaya membawa 48 kontener dengan jumlah ABK dan Nahkoda berjumlah 20 orang.

Hadir dalam pemeriksaan tersebut, Komandan Kodim Persiapan Tual Ali Rahim, 7 Anggota BKO Brimob Tual yang di Pimpin Bripka A Masela, Tim Medis Covid Tual dan Personil UPP Kelas 2 Tual.

Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar