Marrin News

Update Corona Malra: Besok 13 Orang Jalani RDT Tahap Akhir

Posko Penanganan Covid-19 Maluku Tenggara
Posko Penanganan Covid-19 Maluku Tenggara



Langgur, Marrinnews.com – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku Tenggara menyebut,  13 orang di wilayah Kepulauan Kei akan menjalani rapid test (RDT) virus corona tahap akhir pada Sabtu, (11/4/2020). Proses RDT akan dilakukan langsung oleh tim dokter RSUD Karel Saidsitubun Langgur.

“Hari Sabtu esok ini akan dilakukan rapid test terakhir untuk 13 orang yang sebelumnya telah menjalani tes yang sama,” ungkap Kepala Seksi P3M Abdula Aziz dalam Konferensi Pers di Langgur, Jumat (10/4/2020).

Sementara itu juru bicara Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara untuk penanganan Covid-19, dr. Katrinje Notanubun menjelaskan, pemeriksaan kedua (tahap akhir) RDT tersebut dilakukan terhadap 6 pasien status ODP dan PDP yang sebelumnya telah dirawat di RSUD KS Langgur beberapa waktu lalu.

Keenam pasien itu, sebutnya, 2 ODP dan 1 PDP asal Maluku Tenggara serta 3 PDP dari Kota Tual.
Sedangkan untuk 7 orang lainnya, kata Notanubun, yakni pihak keluarga, yang mana telah melakukan kontak erat dengan ke 6 pasien dimaksud.

“Misalnya PDP 01 Malra yang melakukan kontak erat dengan tantenya,  sehingga selain pasien tersebut, tantenya juga kita periksa. Begitu juga terhadap keluarga pasien ODP dan PDP lainnya,” terang dr. Ketty dalam Konfrensi Pers di Langgur, Kamis (9/4/2020)..

Kepala Dinas Kesehatan Malra itu mengaku, pemeriksaan terhadap virus corona menggunakan rapid test tidak begitu spesifik.

“Harusnya tingkatan pemeriksaan lebih tinggi yang hasilnya akurat, yakni dengan menggunakan Polymerase Chain Reaction (PCR),” katanya.

Meski begitu, menurut Notanubun, tahapan prosedur pemeriksaan yang dilakukan saat ini sesuai standar operasional prosedur (SOP) Kesehatan dalam penanganan wabah Covid-19.

“Kami tetap berpedoman terhadap protokol-SOP yang berlaku. Dimana pada hari ke 10, kami harus kembali melakukan rapid test. Apabila hasilnya positif maka kami naikan ke tahap pemeriksaan Swab ataupun PCR,” tegas dia.

Untuk diketahui, ODP (Orang dalam Pemantauan) 01 Malra berjenis kelamin perempuan (38), beralamat di Watdek Kecamatan Kei Kecil. ODP 02 berjenis kelamin laki-laki (51), beralamat di Wearsten Kecamatan Kei Kecil.

Sedangkan PDP (Pasien dalam Pengawasan) 01 Malra berjenis kelamin Perempuan (27), beralamat di Langgur Kecamatan Kei Kecil.

Sementara status PDP asal Kota Tual, masing-masing PDP 01 berumur 8 bulan, PDP 02-10 bulan dan PDP-3 tahun.

Menurut Tim Gustu Malra dalam laporannya menyatakan, saat ini ODP 01, 02 dan PDP 01 sementara menjalani rawat jalan dengan keadaan membaik. Begitu pula dengan 3 PDP Kota Tual.

Keenam pasien tersebut sebelumnya telah dirawat di RSUD Karel Saidsitubun Langgur, yang mana telah ditetapkan sebagai salah satu RS rujukan di Kepulauan Kei.

Terhadap ODP dan PDP sebagaimana disebutkan, termasuk 7 orang pihak keluarga bersangkutan telah dilakukan pemeriksaan RDT tahap pertama. Hasil RDT menunjukan negatif Covid-19. (Gerry)



Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar