Marrin News

Haru Tukang Ojek dan Buruh Pelabuhan saat disambangi Tim Covid-19 Malra

Bupati, Kapolres dan Dandim saat memberikan bantuan kepada tukang ojek di pangkalan ojek samping kantor Bawaslu malra
Bupati, Kapolres dan Dandim saat memberikan bantuan kepada tukang ojek di pangkalan ojek samping kantor Bawaslu Malra













['



Langgur, Marrinnews.com – Kurang lebih sebulan sudah mata pencaharian puluhan tukang ojek dan buruh pelabuhan Watdek di wilayah Kabupaten Maluku Tenggara-Provinsi Maluku terganggu akibat dampak pandemi Covid-19. Mereka pun menyambut haru bantuan beras yang diberikan Pemerintah daerah melalui Tim Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku Tenggara, Minggu (19/4/2020).

Diakui mereka-para tukang ojek, sejak bulan Maret lalu, sumber perekonomian mengalami penurunan. Dimana untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga sehari-hari saja terasa sangat sulit, tak seperti biasanya.

Para tukang ojek hanya bisa mengucap terima kasih atas bantuan yang telah diberikan Pemda Malra. Bagi mereka, bantuan itu setidaknya sudah meringankan sedikit beban ekonomi saat ini.

"Terima kasih bapak Bupati beserta jajarannya, juga Kapolres dan Dandim. Bantuan seperti ini memang kami nantikan," ujar koordinator pangkalan ojek Dragon-Ohoibun, Iriyanto Pasiribu, Minggu (19/4/2020).

Mewakili tukang ojek Dragon, Iriyanto berharap, adanya uluran tangan lebih dari Pemda Malra dalam mengatasi masalah pendapatan keuangan mereka.

“Kalau bisa, kami minta tolong Pemda lebih perhatikan lagi pendapatan kami, karena selama Corona ini penghasilan kami sangat minim,” pintanya.

Selain Iriyanto, tukang ojek lainnya juga menyambut hangat bantuan beras ini. Rasa haru mewarnai perjumpaan mereka dengan Bupati, Kapolres dan Dandim, yang mana telah berkenan menyalurkan langsung bantuan ke lokasi pangkalan ojek mereka di wilayah Pokarina.

"Terima kasih banyak Pa," ucap mereka serentak berulang.

Sementara salah satu buruh pelabuhan Watdek mengungkapkan, berbagai pekerjaan serabutan lantas harus dilakukan agar dapur rumahnya terus terisi. Padahal biasanya jelang Ramadhan seperti saat ini, uang ratusan ribu bisa didapatkannya dalam sehari.

"Mau bagaimana lagi Pa. Keadaanya memang sudah begini. Kita hanya bisa berharap dan berdoa, semoga wabah ini cepat berakhir, supaya Katong samua bisa kerja kaya dolo-dolo (dahulu) lagi" kata dia.
Penyerahan bantuan ke pangkalan ojek Dragon
Penyerahan bantuan ke pangkalan ojek Dragon


Dirinya lantas mengapresiasi langkah-langkah strategis yang telah dilakukan Pemda Malra melalui Tim gugus tugas dalam upaya penanggulangan untuk mencegah sebaran virus Corona di bumi Larvul Ngabal.

“Sampai hari ini, Beta (saya) lihat tim satgas di Malra ini kerja sangat bagus. Kalau mau jujur, ya memang masih ada hal-hal yang kurang tapi itu hal biasa, karena di kota-kota besar saja pasti alami hal yang sama, apalagi katong didaerah kecil bagini,” katanya.

“Dong tim satgas ini  kerja siang malam, buktinya sampai hari ini katong pung daerah ini masih bebas Corona. Itu luar biasa sekali,” ucapnya.

Sementara itu Bupati Malra M. Thaher Hanubun mengatakan, tukang ojek terkena dampak besar dari adanya pendemi corona. Sumber penghasilan ekonomi pun jadi sasarannya.

“Bantuan ini kami prioritaskan kepada tukang ojek karena disadari sungguh bahwa sejak adanya pembatasan jarak, penggunaan masker dan tidak boleh bersentuhan, penumpang sudah sangat jarang bahkan minim. Sebelumnya pasti satu hari bisa dapat uang banyak tapi sekarang untuk kebutuhan dapur dalam satu hari saja, itu pasti sudah sangat kurang," kata Bupati.

Orang nomor satu Malra menyatakan, saat ini Pemda hanya bisa memberikan bantuan apa adanya. Meski demikian, ia meminta, masyarakat dapat terbuka diri dengannya terhadap masalah yang dihadapi di tengah kondisi saat ini.

“Apa yang diberikan, tentunya untuk bisa memuaskan itu pasti takan mungkin. Tetapi paling tidak, saya bisa ikut merasakan apa yang kamong (kalian) rasakan,” ujarnya.
“Tolong jua, melalui kordinator masing-masing bisa langsung menyampaikan ke saya apa yang  diinginkan. Baik siang maupun tengah malam,  tolong beritahukan saya, tak mengapa, saya selalu siap menerima,” pinta Hanubun.

Untuk diketahui, Tim Gustu Percepatan Penanganan Covid-19 Malra dibawah pimpinan Bupati M.Thaher Hanubun (Ketua), Dandim 1503 Tual Letkol Inf. C. Mario Noya (Wakil Ketua I) , Kapolres Malra AKBP Alfaris Patttiwael (Wakil Ketua II) membagikan bantuan ratusan karung beras 5 kg dan masker bagi Buruh dan tukang ojek di pelabuhan Watdek pada Minggu, (19/4/2010) pagi.


Bantuan juga diberikan kepada tukang ojek di pangkalan ojek Lampu Merah-Depan Swalayan GOTA Ohoijang, pangkalan ojek Dragon-Ohoibun dan pangkalan ojek Pokarina-disamping kantor Bawaslu Malra. (Gerry)


Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar