Marrin News

Dukung Pemkot Cegah Covid-19, PDAM Sediakan Bilik Sterilisasi, Wastafel dan Penyemprot

Pemeriksaan Penumpang Kapal oleh Tim Gugus Covid-19 di Pelabuhan Tual
Pemeriksaan Penumpang Kapal oleh Tim Gugus Covid-19 di Pelabuhan Tual

Tual, Marrinnews.com.- Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang masuk di Indonesia pada awal Maret 2020, terpantau disetiap Provinsi, Kabupaten dan Kota Tim Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan dibentuk sebagai garda terdepan melawan penyebaran virus mematikan tersebut.

Semua unsur terkait terlibat dalam struktur Tim dan dibagi sesuai peran dan fungsinya, salah satunya adalah PDAM Maren Kota Tual yang turut mendukung kerja tim dengan membantu menyediakan 3 buah Bilik Sterilisasi. 

"Menurut kami salah satunya yang sangat dibutuhkan dalam pencegahan yaitu Bilik Sterilisasi. Dengan fungsi utama menyemburkan disinfektan untuk memastikan setiap pengunjung bebas bakteri dan virus," Ujar Direktur PDAM Tual Maria Oktavina Far-Far .ST kepada Marrin News di Tual belum lama ini.
Pemeriksaan Penumpang Kapal oleh Tim Gugus Covid-19 di Pelabuhan Tual
Pemeriksaan Penumpang Kapal oleh Tim Gugus Covid-19 di Pelabuhan Tual

Lebih lanjut kata dia dari 3 buah bilik sterilisasi yang di bantu. 2 buah ditempatkan di Pelabuhan Tual dan 1 buah di kantor PDAM.

"Dipelabuhan diperuntukan bagi penumpang kapal yang mengakhiri perjalanan di Tual. Sebelum dilakukan tes suhu badan, penumpang wajib melewati bilik tersebut. Untuk yang dikantor diperuntukan bagi pelanggan dan para pegawai," jelasnya.
Wastafel Portable yang di bagi

Selain itu sambungnya, PDAM juga membantu alat penyemprot dan 2 unit wastafel portable yang telah dipasang di lokasi karantina warga pelaku perjalanan.

"alat penyemprotan digunakan untuk menyemprot barang bawaan penumpang dan tempat tempat umum lainnya hal ini dilakukan karena  disinfektan dipercaya mampu mencegah penyebaran virus Corona," ungkapnya.

"juga pemasangan wastafel portable di lokasi karantina agar warga selalu mencuci tangan. ini sebagai salah satu langkah pencegahan penyebaran Covid-19 " Tambahnya.
Cegah Covid-19, warga agar sering mencuci tangan
Cegah Covid-19, warga agar sering mencuci tangan
Dijelaskannya, wastafel portable yang di sediakan dilengkapi dengan tisu, sabun cuci tangan dan tangki air dengan kapasitas 550 liter.

"Diharapkan agar di setiap unit pelayanan, masing-masing dapat bertanggung jawab terhadap ketersediaan air dalam tangki," Pintanya.

Menurutnya hanya ini salah satu upaya yang bisa dilakukan PDAM dalam membantu Pemerintah mengantisipasi penyebaran covid -19

Semoga wabah ini bisa cepat berlalu sehingga semua bisa beraktifitas normal sepertti sedia kala, kepada masyarakat dirinya meminta untuk selalu berdoa dan bersabar dengan keadaan ini. (MN_86).


Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar