Marrin News

Bupati Malra Gelar Doa Bersama Lintas Agama untuk Keselamatan Warganya


Berdoa secara Hindu oleh pimpinan umat Hindu Dharma Malra, Badul Lefmanut.
Berdoa secara Hindu oleh pimpinan umat Hindu Dharma Malra, Badul Lefmanut.

Langgur, Marrinnews.com – Menghadapi pandemi Virus Corona Disease 2019 (Covid-19) yang mewabah diseluruh dunia. Saat ini semua usaha telah dilakukan manusia guna mengakhirinya namun rasanya tak lengkap bila hanya tindakan pencegahan yang dilakukan tak dilandasi dengan doa kepada iman serta kepercayaan akan Allah SWT, Tuhan sang pencipta alam semesta.

Demikianlah yang tersirat dalam benak iman serta keyakinan orang nomor satu Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanubun dan juga kita semua sebagai umat beragama. Dimana keselamatan umat di bumi Larvul Ngabal-Kepulauan Kei saat ini ada didalam kuasa-Nya yang diwujudnyatakan melalui tangan-tangan setiap umat manusia dengan berdoa dan bekerja ora et labora .

Sebagai implementasinya, Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara menggelar doa bersama lintas agama secara Islam, Katolik, Protestan dan Hindu yang dipusatkan di lingkungan Kantor Bupati, Jalan Abraham Koedoeboen Langgur-Debut, Rabu (8/4/2020).

Doa bersama yang digelar, bertujuan memohon keselamatan bagi seluruh warga Kepulauan Kei agar terhindar dari segala macam penyakit termasuk khususnya Covid-19.

Doa yang disuguhkan oleh 4 tokoh agama dibawakan secara bergantian. Mewakili umat Katolik dipimpin oleh Wakil Uskup Wilayah Kei Kecil, Pastor Eko Rejaan, Pr. Islam dipimpin oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Malra Hi. Muhammad Zein Matdoan.

Sedangkan, agama Kristen Protestan oleh Ketua Klasis Gereja Protestan Maluku (GPM) Wilayah Pulau-pulau Kecil dan Kota Tual, Pdt. Frans J. Syahilatua, S.Th. Dan secara Hindu dibawakan pimpinan umat Hindu Dharma Malra, Badul Lefmanut.

Bupati Malra M. Thaher Hanubun dalam kesempatan itu menyampaikan, siapa pun dan di mana pun warga Kepulauan Kei saat ini berada, melalui momentum ini  kita sama-sama memanjatkan doa agar daerah ini dan semua masyarakat yang ada, baik didalam dan diluar daerah terhindar dari penyakit Covid-19.

“Ler i, ta sob duad tav lor nit, it her fer duad nabi fo n'taha la’uk binakit n'tal did nuhu met, Yut Nuhu Roa, titu tavun timur varat.  Salam saran it besa mut, ta sak rad melalui tuan Padri, Ustad hov Pendeta fo lan hir subian tung fe duad fo lan duad i n’taha lauk binakit ain haran i”.

“Hari ini kita memanjatkan doa kepada Tuhan dan Leluhur seraya memohon dari pada-Nya agar menjauhkan penyakit (Corona) dari negeri ini, baik dari Pulau Kei Besar hingga Kei Kecil, Timur Barat Utara Selatan. Baik Islam, Kristen dan kita semua, mari kita angkat hati melalui doa yang dibawakan oleh Pastor, Ustad, Pendeta dan semua pimpinan agama, kiranya kita semua terhindar dari penyakit ini,” ujar Hanubun. (Gerry).




Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar