Marrin News

Aksi Kemanusiaan YHP Ditengah Pandemi Corona Dan Ramadhan

Yudha H Pratama (YHP) saat membagikan Sembako serta masker kepada penumbuh batu disepanjang jalan tete pancing Kota Tual


Tual, Marrinnews.com.- Pandemi Covid-19 tidak hanya menyerang gangguan kesehatan, efek lain dari hadirnya wabah virus ini adalah mengganggu stabilitas ekonomi serta ketahanan pangan. Seluruh penjuru dunia mengalami hal yang sama, hampir dipastikan tidak ada satu manusia yang tidak khawatir terjangkit virus corona.

Kondisi ini mengakibatkan minimnya aktivitas sosial baik sekolah, kampus, kantoran maupun para pekerja non-pemerintah sehingga pendapatan masyarakat semakin berkurang ditambah bekal bahan pokok yang terus menipis selama masa pandemi ini.

Pada saat yang sama, Bulan puasa Ramadhan hadir ditengah pandemi. Bagi warga Muslim kerumitan ini semakin berlipat ganda. Di satu sisi aktivitas mereka dihambat oleh virus corona, sedangkan di sisi lain mereka membutuhkan pangan untuk menjalani ramadhan.

Atas fakta tersebut, Berbeda dengan aksi partai politik, komunitas anak muda serta gerakan-gerakan sosial lainnya di kepulauan Kei, Yudha Hari Pratama (YHP) melihat hingga ke efek lain dari hadirnya wabah corona.

Pantauan Marrin News, Aksi YHP dengan modal sendiri bergerak memberikan bantuan kepada masyarakat kelas menengah ke bawah yang pendapatanya menurun selama himbauan work from home. Selain itu, YHP juga memberikan bantuan kepada warga muslim yang akan menyambut bulan suci ramadhan berupa beras, masker, air mineral serta jadwal imsak.

Menjawab media ini, apakah bantuan yang dibagi berkaitan dengan kepentingan politiknya, YHP membantah hal tersebut.

"bantuan itu tidak bernada politis samasekali ini merupakan bantuan kemanusiaan, saat ini dunia sedang dilanda musibah lebih baik berbuat baik daripada berkomentar buruk” Ujar Politisi Milenial kepada media ini Jumat (24/04/2020).
Pembagian Sembako kepada warga Dusun Fair Kota Tual

Pengusaha muda yang memiliki kepribadian less talk more action (kurang bicara lebih banyak aksi) ini diketahui pernah gagal dalam pileg 2019 kemarin namun bagi YHP kerja kemanusiaan bukan soal kalah dan menang dalam pileg, mungkin sebaliknya perihal kemanusiaan adalah tanggung jawab setiap manusia.

“aksi ini tidak ada urusan dengan pileg kemarin, nyaleg boleh gagal tetapi kepedulian terhadap yang membutuhkan tak boleh tertinggal," Tegasnya kembali.

Lebih lanjut kata dia dalam aksi kemanusiaanya memberikan donasi bukan hanya kepada tim suksesnya namun juga diberikan kepada orang yang lebih berhak tanpa melihat dukungan politiknya saat caleg 2019 kemarin.

Pada saat pembagian sembako oleh YHP kepada pekerja tumbuh batu yang berada disepanjang jalan patung tete pancing Kota Tual, terlihat salah satu Wanita paruh baya saat mendapat bantuannya tampak matanya berkaca-kaca seraya mendoakan keselamatan dan kesuksesan kepada YHP

“Alhamdulilah, makasih nak, semoga panjang umur, lancar rezeki, selalu sukses” Ucapnya.

Di Dusun Fair Kota Tual, sejumlah kepala keluarga di dusun Fair yang nampaknya sudah familiar dengan sosok YHP sangat bahagia ketika menerima bantuan

“Makasih Young” (nama akrab YHP) semoga kelak bisa jadi pemimpin besar supaya bisa liat masyarakat kacil tarus-tarus”. Ucap salah satu warga .
Beras dan air mineral yang siap di bagi

Data yang dihimpun sebanyak 500 karung beras, masker dan air minum dibagikan kepada warga dan juga mesjid.

"Bantuan ini akan terus bertambah tergantung suasan dan kondisi masyarakat dalam menghadapi wabah corona. Artinya, selama rakyat kecil masih dilanda musibah, YHP akan selalu hadir"Ungkapnya. (MN_86)



Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar