Marrin News

Wali Kota Himbau dan meminta Tim bersama Warga berikan Edukasi terkait pemberlakuan Karantina

Wali Kota Adam Rahayaan. S.Ag., M. Si bersama Wakil Wali Kota Usman Tamnge
Wali Kota Adam Rahayaan. S.Ag., M. Si bersama Wakil Wali Kota Tual Usman Tamnge


Tual, Marrinnews.com.-Wali Kota Tual Adam Rahayaan. S.Ag., M.Si meminta warga mendukung kebijakan pemberlakuan karantina yang direkomendasikan Tim Covid -19 Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara terhadap pelaku perjalanan baik itu yang tiba dengan menggunakan kapal laut maupun Kapal Terbang.

"yang paling penting harus dibedakan dan memahami mana yang berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG), Orang Dalam Pantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan(PDP), Suspect bahkan yang positif, hal ini guna adanya pemahaman bersama terkait pemberlakuan karantina di Kota Tual maupun Maluku Tenggara," Ujar Wali Kota Tual kepada marrin news melaui telephon selulernya, Selasa ( 31/03/20202).

Lebih lanjut dikatakanya warga diharapkan tidak mengucilkan orang yang berstatus ODP, PDP dan lainya, dirinya juga meminta seluruh warga membantu mereka khususnya yang sedang menjalani masa karantina yang saat ini ditangani serta diawasi Pemerintah.

"Mereka jangan dikucilkan, kita harus mengapresiasi dan berterima kasih atas kesediaan dan keikhlasan mereka menjalani karantina," Ungkapnya.

Dalam memenuhi kebutuhannya selama menjalani karantina dirinya telah memerintahkan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait pemenuhan kebutuhan baik itu sandang, pangan dan papan.

"Kebutuhan medis, listrik, makan, Air bahkan wifi akan difasilitasi guna terciptanya rasa nyaman juga membangun kepercayaan terhadap warga  kepada pemerintah, intinya kami tidak tidur dan berdiam diri," Ujarnya.

Dijelaskannya Covid -19 hanya bisa dihadapi dengan prilaku hidup bersih, menjaga imunitas dengan tidur teratur serta berolah raga juga mengkonsumsi makanan atau minuman yang membantu menjaga sistem imun dalam tubuh.

"Selain itu kita harus menjaga psikologisnya, ketika mereka dikarantina baik itu di rumah maupun pada fasilitas yang disediakan pemerintah, saya minta tidak dikucilkan. Bantu mereka dengan memberikan motivasi," Ajaknya.

Saat ini, Sambungnya melalui Tim Covid-19 telah dilakukan pencegahan dengan penyemprotan desinfektan, sosialisasi guna mencegah penularan virus Covid-19, untuk itu dirinya megajak seluruh warga agar memberikan pemahaman serta penjelasan baik itu pola penyebaran virus tersebut juga yang paling penting memberikan pemahaman dan penjelasan terkait status ODP, PDP, Suspect dan yang dinyatakan positif.

"Juga peran serta pemuka agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda serta elemen lainnya sangat penting untuk mendamaikan masyarakat yang sedang panik. kita harus yakin bisa menang melawan wabah ini, insyah allah," Ujarnya.

Saat ini menurutnya beban jangan sepenuhnya diserahkan kepada Pemerintah melalui Tim Gugus Covid-19 semata tetapi harus ada pemahaman serta uapaya bersama seluruh warga. (MN_86).

Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar