Marrin News

Pastikan Kamtibmas, Kapolres Malra Gelar Patroli Blok

Patroli Blok


Tual, Marrinnews.com. – Kepolisian Resort Maluku Tenggara menggelar Patroli blok di beberapa titik lokasi Kota Tual yang dianggap rawan, terutama seputaran wilayah UN dan desa Taar pada, Kamis (19/3/2020) malam.

Pantauan Media ini Patroli blok malam tadi yang dibagi dalam dua bagian tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Malra AKBP Alfaris Pattiwael. SH., SIK. dengan melibatkan personel satuan TNI Kodim 1503 Tual dibawah Komando Dandim 1503 Tual Letkol Inf. La Ode Muhamad Sabarudin, Brimob Batalyon C Pelopor Polda Maluku, Polisi Militer (POM). Turut pula Wakil Wali Kota Tual Usman Tamnge.

Dalam berpatroli Tim berjalan kaki dan menyusuri lorong-lorong. Di sepanjang perjalanan, para pimpinan TNI/Polri dan Pemkot menyapa warga sembari memberikan nasehat.
Pimpinan TNI/Polri dan Pemkot menyapa warga sembari memberikan nasehat.

Khusus bagi kaum muda yang lagi nongkrong di gang-gang, Kapolres bersama Dandim serta Wawali sesekali mengarahkan mereka untuk segera beristirahat dan tidak duduk berkelompok. Hal ini dilakukan agar menghindari tindakan-tindakan yang dapat menciptakan gangguan Kamtibmas di malam hari.

Dalam Patroli ini juga dilakukan pemeriksaan terhadap minuman keras (miras) dan senjata tajam (senjata tajam). Hingga malam tadi, suasana di seputaran wilayah konflik masih aman dan terkendali.

“Patroli yang dilakukan ini guna memastikan kondisi kamtibmas pasca konflik yang terjadi beberapa waktu lalu antar masyarakat Hollat yang tinggal di UN dan warga desa Taar,” ungkap Kapolres Malra AKBP Alfaris Pattiwael SH., SIK. kepada awak media, Kamis (19/3/2020) malam.

Pattiwael menyatakan, kondisi kamtibmas pasca rekonsiliasi  sangatlah kondusif. Meski begitu, katanya, pihaknya perlu memberikan jaminan keamanan yang intens guna menciptakan kenyamanan antar warga melalui gelaran patroli tersebut.

“Semua ini kami lakukan agar memastikan aktivitas warga daapat berjalan aman, damai, tenang dan tentram,” terangnya.

Menurut mantan Kapolres Minahasa Utara (Sulut), patroli ini akan berlangsung 2 kali. Terhitung sejak tadi malam,  Kamis (19/3/2020) hingga berakahir Jumat, (20/3/2020) malam nanti.

“ Sesuai surat perintah, Pukul 00.00 Jumat malam nanti pengamanan TNI/Polri terhadap kondisi pasca konflik kemarin itu akan berakhir. Untuk itulah maka kami dari TNI/Polri perlu menggelar Patroli ini,” jelasnya.

Pattiwael menegaskan, apabila dalam patroli ini,  ditemukan ada warga mengkonsumsi miras ataupun membawa senjata tajam, pihaknya tak segan-segan menindak tegas.

“ Hal ini perlu dilakukan agar warga bisa hidup dengan aman dan nyaman. Selain itu, juga dapat meminimalisir tindakan oknum-oknum yang sengaja mau terus memperkeruh suasana,” tegasnya.

Dia mengingatkan, semua masyarakat Kei adalah bersaudara tanpa mengenal perbedaan. Sehingga kedamaian di daerah ini perlu senantiasa tercipta antar sesama.

Menurutnya, bumi Maren dan sekitarnya memiliki kandungan potensi alam, infrastruktur memadai yang bisa menarik investor untuk berinvestasi disini. Meski begitu, untuk menjadikan semua itu terwujud, maka masyarakat perlu memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan.

“Kita punya potensi pariwisata yang menjanjikan. Untuk itulah, Pemkot Tual selalu berupaya untuk memajukan ekonomi masyarakat melalui aspek ini. Namun, masyarakat juga harus mendukung dengan senantiasa menjaga Kamtibmas,” sebutnya.

Pattiwael mengaku, meski gelaran patroli ini akan berakhir sebentar malam nanti, tetapi akan ada patroli berkelanjutan lainnya yang akan dilaksanakan Polres Maluku Tenggara bersama jajaran TNI dan Kesatuan lain.

“Sebagai Kapolres, saya akan mengarahkan sekuat tenaga dan pikiran serta berusaha semaksimal mungkin untuk menjamin Kota Tual dan Maluku Tenggara harus tetap aman,” tukasnya.

Senada dengan Kapolres Malra, Dandim 1503-Tual Kolonel Inf. La Ode Muhamad Baharudin menyatakan, gelaran patroli gabungan TNI/Polri di dua wilayah kakak beradik bukan sebatas malam itu saja, tetapi akan rutin dilaksanakan.

“Sebagai abdi negara, kami akan selalu berupaya menciptakan kedamaian di negeri ini, baik Kota Tual ataupun Maluku Tenggara,” tegasnya.

Sebagai pimpinan TNI di daerah ini, Baharudin berkomitmen akan terus membangun sinergitas dan mendukung setiap program Kepolisian dan Pemerintah Kota/Kabupaten di Kepulauan Kei. (Gerry)


Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar