Marrin News

Cegah Virus Corona, Tim Gugus Malra Gelar Penyemprotan Disinfektan

Sekda Malra Ahmad Yani Rahawarin(Tengah), Kepala BPBD Malra Mochtar Ingratubun (Kanan). Kadis Kesehatan dr. Ketty Notanubun (kiri)



Langgur, Marrinnews.com .– Pemerintah Maluku Tenggara melalui Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 melakukan tindakan pencegahan dini sebaran Virus dengan menyemprotkan Disinfektan pada Kantor Bupati baru dijalan raya Langgur-Debut, Senin (23/3/2020).

Pantauan media ini, Bupati Malra M. Thaher Hanubun terlihat memantau langsung jalannya proses penyemprotan yang dipimpin langsung Ketua Tim Gugus Mohtar Ingratubun bersama Tim,

"Ini adalah wujud antisipasi dini agar masyarakat di daerah ini tidak terinfeksi oleh covid 19 yang saat ini menjadi ancaman global,” Ujar Ingratubun kepada awak media di ruang Posko Penanganan Covid-19 Malra, Senin (23/3/2020) sore.

Lebih lanjut dikatakannya proses penyemprotan disinfektan sore tadi merupakan langkah awal tim gugus tugas. Selanjutnya, akan dilakukan secara besar-besaran pada besok hari dengan melibatkan aparat TNI/Polri.

“Penyemprotan besok nanti akan dilakukan di seluruh fasilitas pemerintah, tempat ibadah, sekolah dan fasilitas umum lainnya” katanya.

Dijelaskannya sejak terbentuk pada 17 Maret 2020, Tim Gugus Tugas telah melakukan sosialisasi di 11 kecamatan, selain warga sipil, juga bersama TNI/Polri dan instansi vertikal.

“Rapat-rapat terbatas terkait Covid-19 juga akan terus kita lakukan bersama Bupati, FORKOPIMDA, dan pihak lainnya. Kita juga akan lakukan take action jika ada warga yang dicurigai terjangkit Covid-19 untuk menjalani pemeriksaan oleh tim medis RSUD Karel Sadsitubun Langgur,” Tegasnya.

Sementara itu, Sekertaris tim satgas dr. Katrinje Notanubun menjelaskan, disinfektan yang digunakan mengandung clorin pemutih dan pembersih kuman serta obat khusus sesuai standar protokol sehingga ampuh dalam membunuh kuman termasuk virus.

“Bagi warga yang ingin mendaptkan disinfektan bisa di buat sendiri, Bahannya praktis diantaranya botol spray, dettol atau  jenis pembersih lainnya lalu dicampurkan dengan air, selanjutnya disemprotkan ke semua objek benda, didalam ataupun diluar rumah," Jelasnya.

Notanubun berharap, masyarakat dapat memberikan kepercayaan dan menyerahkan sepenuhnya tanggung jawab penanganan Covid-19 kepada Pemerintah daerah melalui tim satgas yang ada.

“Masyarakat tidak perlu panik, namun yang terpenting adalah melakukan upaya-upaya pencegahan sesuai himbauan Pempus maupun Pemda, selalu mencuci tangan dengan sabun apa saja, gunakan masker, tingkatkan daya tahan tubuh dengan asupan bergizi, istirahat yang cukup dan menjaga kebersihan lingkungan"Himbaunya.

"Hal penting lainnya saat berada di luar rumah, hindarilah kerumunan dan tetap menjaga jarak ditengah kerumunan orang banyak" Tambahnya. (Gerry)


Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar