Marrin News

Wali Kota : Pembangunan Miniatur Rumah Ibadah Sebagai Simbol Kerukunan dan Toleransi

Wali Kota Tual Adam Rahayaan. S.Ag., M.Si saat menggelar pertemuan bersama Tim Pembinaan Umat beragama di Ruang Kerjanya belum lama ini

Tual, Marrinnews.com.- 11 Kabupaten Kota yang ada di Provinsi Maluku memiliki keunggulan tersendiri, kalau bicara pariwisata,  semua daerah memilikinya, untuk Tual saya inginkan ada keunikan tersendiri yang membedakan dengan lainnya yaitu toleransi antar Umat beragama Hal tersebut dikatakan Wali Kota Tual Adam Rahayaan. S.Ag., M.Si saat menggelar pertemuan bersama Tim Pembinaan Umat beragama di Ruang Kerjanya belum lama ini.

“Kalau orang berkunjung ke Maluku bicara soal agama, belajar tentang toleransi maka disampaikan pergi ke Tual untuk belajar” Jelasnya.

Guna menindaklanjutinya, maka munculah ide membangun miniatur rumah ibadah yang berada di lapangan lodar-el Kota Tual dimana terdapat Mesjid yang diapit oleh Gereja Katolik dan Gereja Protestan.

“Minitaur tersebut dibangun sebagai tindak lanjut visi misi Almarhum H.MM Tamher yang ingin menjadikan Kota Tual sebagai Kota Religi, juga sebagai simbol atas predikat sebagai Kota yang tingkat toleransinya paling tinggi,” Paparnya.

Selain itu, sebagai jawaban atas isu sempit yang ditujukan pada awal dirinya mencalonkan diri sebagai Wali Kota dimana ada tudingan bahwa dirinya Fanatik dan hanya mementingkan satu kelompok agama tertentu.

“Beta mau buktikan ternyata kan Tual mendapat predikat sebagai Kota paling toleransi dan pembangunan miniatur tersebut sebagai simbol kerukunan dan toleransi umat beragama di Kota Tual,” Ungkapnya.

Miniatur tersebut sebagai simbol sebagai kepada dunia luar  atau bagi yang berkunjung bahwa inilah harga diri, pergaulan, kebersamaan dan toleransi warga yang ada di Tual.

“Itu bukan dipakai sebagai tempat ibadah, itu ikon Kota Tual. Pembangunan tersebut murni inisiatif dari Pemerintah dan bukan dari Tokoh Agama manapun, jadi jangan ada pikiran lain lagi,” Tutupnya. (MN_86).

Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar