Marrin News

Sidang Adat Para Raja Putuskan dan Kukuhkan Kapolres Malra Sebagai Putra Kei

Kapolres Malra AKBP Indra Fadillah Siregar, SH., S.Ik., MH. bersama istri yang berbalut pakaian adat kei dijemput dan dikalungi bunga oleh masyarakat Danar

Tual,Marrinnews.- AKBP Indra Fadillah Siregar, SH., S.Ik., MH. di akhir masa jabatannya sebagai Kepala Kepolisian Resort Maluku Tenggara dan Kota Tual di angkat menjadi Putra Kei oleh Raja melalui sidang adat dalam acara pengukuhan yang berlangsung di Desa Danar Kecamatan Kei Kecil Timur pada Selasa (18/2/2020).

Kapolres Malra AKBP Indra Fadillah Siregar, SH., S.Ik., MH. diangkut dan dibawa kedalam replika belan Bel Bel Nisyaf yang merupakan belan perang dan belan kebesaran Raja Famur Danar menuju Rumah Raja Danar

Pantauan media ini prosesi  pengukuhan adat berlangsung khidmat, saat tiba Kapolres bersama istri yang berbalut pakaian adat kei dijemput dan dikalungi bunga oleh masyarakat, selanjutnya diangkut dan dibawa kedalam replika belan Bel Bel Nisyaf yang merupakan belan perang kebesaran Raja Famur Danar.

Tampak Bupati Maluku Tenggara Hi. Muhamad Taher Hanubun, Wakil Walikota Tual Usman Tamnge, Dandim 1503 Tual, Danlanud Dumatubun Langgur, Danlanal Tual beserta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual juga turut serta mengantar Kapolres bersama istri yang diringi dengan tarian adat menuju rumah Raja Famur Danar dimana prosesi adat digelar.


Usai menggelar sidang adat Kapolres Malra AKBP Indra Fadillah Siregar, SH., S.Ik., MH. bersama istri dengan pemasangan gelang adat yang disaksikan oleh seluruh undangan 

Saat tiba, Para Raja yang tergabung dalam Ursiuw dan Lor lim menjemput dan langsung menggelar sidang adat yang di pimpin Rat Bomaf / Raja Fer H. Abdul Hamid Rahayaan yang juga ketua Dewan Adat. Setelah mendengar langsung  alasan dari Kapolres Maluku Tenggra AKBP Indra Fadillah Siregar, SH., S.Ik., MH  Yang telah mengabdikan dirinya selama 2 Tahun 2 Bulan untuk menjadi Putra Kei, para Raja kemudian berunding dan memutuskan menerima sebagai Ko Evav atau Anak Kei.

Setelah resmi sebagai Putra Kei, Raja kemudian mengukuhkan orang no 1 pada Kepolisian Maluku Tenggara tersebut bersama istri dengan pemasangan gelang adat yang disaksikan oleh seluruh undangan dan diakhiri dengan Tarian sawat yang dipersembahkan oleh sangar tari asal Desa Danar. (MN_Team).

Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar