Marrin News

Sebagai Putra Kei, Ini Pesan Kapolres Malra

Kapolres Malra Usai di Kukuhkan Sebagai Ko Evav atau Putra Kei

Tual, Marrinnews.com.- Terima kasih kepada Bupati Maluku Tenggara, Wakil Walikota Tual, Para Raja, Tokoh Masyarakat atas kehormatan dan kepercayaan yang diberikan saya dan keluarga, yang diangkat melalui sidang dan pengukuhan secara adat sebagai Putra Kei hal tersebut dikatakan Kapolres Maluku Tenggara AKBP Indra Fadillah Siregar Kei, SH., S.Ik., MH. Usai prosesi adat yang berlangsung dikediaman Raja Danar pada Selasa (18/02/2020).

“Sebagai Putra Kei kini saya menjadi bagian yang tidak terlepaskan dari tanah, terikat oleh adat istiadat kei dan dimanapun saya bertugas kelak akan selalu menyampaikan keindahan kei dan menjadi sauadara orang kei di tempat tugas nantinya,” Ujarnya.  

Kepada masyarakat Kei sambungnya, dirinya mengingatkan agar selalu menjaga kamtibmas. diakuinya selama bertugas 2 Tahun 2 Bulan dirinya telah mengetahui karakter serta kehidupan masyarakat kei yang sangat menjungjung tinggi adat serta budaya yang diwarisi leluhur yang menurutnya adalah sebuah kekuatan yang bisa terus dijaga karena sebagai jalan keluar dalam menyelesaikan konflik serta pertikaian antar warga.

  “Konflik yang ada antar masyarakat, sudah sepatutnya kita mencari solusi, dengan cara yang terbaik untuk menyelesaikan setiap masalah. Kita hentikan segala konflik yang ada, kita bisa bicarakan,  kita bisa berunding tidak dengan cara-cara kekerasan, atau cara-cara intimidasi sehingga bisa mengakibatkan terganggunya situasi iklim kamtibmas” Jelasnya.

“Kalau situasi tidak aman saling bermusuhan sudah barang tentu sangat menganggu kehidupan masyarakat. Fokus kita sekarang adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Tanah Kei, dalam aspek pembangunan, kesejahterakan, tetapi itu sangat sulit terwujud kalau memang masih terjadi konflik,” Tambah Indra Kei.

 
Bupati Malra Thaher Hanubun saat memberikan sambutan
Dikatakan, selaku Kapolres dan juga Putra Kei dirinya berpegang pada  falsafah Kei yakni Ain Ni Ain atau persaudaraan sesama orang kei yang ada di Tanah Kei dalam tugasnya dimanapun berada nanti sebagai penjaga  kamtibmas,pelindung dan pengayom masyarakat.

“Maka sudah barang tentu menjadi beban moral dan tanggungjawab di pundak, selama ada kesempatan dan waktu, yang namanya kumpul-kumpul orang kei maka saya harus datang, baik itu dalam acara suka maupun duka karena saya menjadi bagian dari orang kei” Tegasnya.

Selain itu Dirinya berjanji ketika meninggalkan kei dan bertugas ditempat baru akan melakukan sosialisasi tentang kei sebagai salah satu surga tersembunyi di Timur Indonesia dimana terdapat objek pariwisata yang harus dikunjungi.(Bahar).

Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar