Marrin News

Kadis Perindag : Hasil Uji Lab Beras Bulog Tidak Mengandung Plastik

Konferensi Pers dalam rangka klarifikasi masalah isu Video beras Bulog mengandung Plastik yang berlangsung di Balai Kota Tual pada Kami(13/02/2020). 


Tual, Marrinnews.com.- Beras Bulog kemasan 50 kg mengandung plastik yang diunggah warga pada medsos yang sempat viral beberapa waktu lalu setelah diambil sampel dan diuji pada laboratorium uji Balai Riset dan Standarisasi Industri Ambon memastikan informasi tersebut Hoax atau tidak benar.

Kadis Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kota Tual Darnawati Amir. S. Kep saat menggelar Konferensi Pers mengatakan saat dirinya mendapatkan laporan terkait beredarnya beras plastik langsung menemui warga guna mengambil sampel beras lalu melaporkan dan berkoordinasi  dengan Dinas Perindag Provinsi Maluku untuk menguji kandungan pada beras milik Bulog.

"Atas izin Wali Kota, Wakil dan sekda kami mengirim sampel ke Dinas Perindag Maluku untuk diteruskan ke Balai Riset dan Standarisasi Industri di Ambon guna diuji unsur yang terkandung di dalam beras tersebut," Ujar Kadis Perindag Darnawati Amir dalam konferensi Pers yang berlangsung di Balai Kota Tual Kamis (13/02/2020).

Setelah diuji sambungnya, Berdasarkan Sertifikat hasil uji beras tersebut dinyatakan baik berdasarkan hasil pemeriksaan Kimia yang di Uji pada Balai Riset dan Standarisasi Industri Ambon.

"Jadi kesimpulannya beras tersebut Asli dan tidak ada unsur asing termasuk zat plastik yang terkandung dalam beras milik Bulog yang kami ambil sampelnya pada 27 Januari kemarin," Ungkapnya.

Sesuai hasil Uji oleh Tim, unsur yang terkandung dalam beras milik Bulog aman dan sesuai standar acuan SNI 6128 Tahun 2015 dengan parameter uji diantaranya Bau dinyatakan Normal, Derajat Sosoh 78,95%, kadar air 12,82%, Bulir Patah 9,364 gr/100 gr, Bulir Menir 10,2163gr/100gr, Bulir Gabah 0,0000 gr/100gr, Benda Asing 0,0000gr/100gr, Bebas dari Campuran dadak dan bekatul 0,0000gr/100gr.

Hadir dalam Konferensi Pers Sekda Kota Tual, Kabag Ekonomi, Asisten 2, Kabag Humas dan Protokoler juga Kepala Bulog Maluku Tenggara dan Tual bersama staf. (MN_86). 

Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar