Marrin News

Silahturahmi bersama Warga Lodar El, Wali Kota Jelaskan Penilaian Ombudsman Maluku


Ketua RW, RT, Tokoh Agama, Adat, Perempuan, pemuda dan masyarakat Kelurahan Lodar El saat menghadiri silahturahmi bersama Wali Kota Dan Wakil Walikota Tual pada Senin (17/02/2020)
Tual, Marrinnews.com.- Kunjungan kerja sekaligus silahturahmi Wali Kota Adam Rahayaan,S.Ag., M.Si. dan Wakil Walikota Usman Tamnge bersama Lurah, Ketua RW, RT, Tokoh Agama, Adat, Perempuan, pemuda dan masyarakat di Kelurahan Lodar El, saat dialog selain menyampaikan keluhan serta masalah, warga juga meminta penjelasan terkait hasil penilaian Ombudsman Republik Indonesia Kantor Perwakilan Provinsi Maluku  tahun 2019 yang ada pada Media Sosial (Medsos) dimana Kota Tual diberi penilaian pelayanan terburuk karena hal tersebut bagi sebagian warga meragukan penilaian tersebut karena berbeda dengan apa yang dialami.

Menjawab keresahan tersebut Wali Kota Tual Adam Rahayaan,S.Ag., M.Si. kepada warga menjelaskan, Pelayanan buruk atau istilah lain zona merah itu ditujukan Kepada   Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait standar pelayanan.

"Misalnya pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) warga ingin mengurus SITU, SIUP dan TDP  syaratnya izin itu apa saja harus dicantumkan atau diinfokan kepada warga secara gamblang," Jelasnya.
 Z Songupnuan Ketua RT 01

Syarat perizinan itu harus diinformasikan dinas terkait seluas-luasnya kepada masyarakat baik itu melalui media cetak, elektronik maupun spanduk  atau famplet. Hal ini untuk memudahkan warga saat pelayanan.

"Jadi ketika warga mengurus perizinan atau lainnya tidak harus bolak balik, hari pertama pi tanya izin terus pulang lai besok datang lagi setelah syarat siap, menurut ombudsman ini tidak boleh" Paparnya.

Atas permasalahan tersebut dirinya telah menggelar rapat bersama 5 OPD terkait untuk segera memperbaiki sistem sesuai apa yang telah direkomendasikan oleh ombudsman.


Usai menjelaskan dirinya mengucapkan terima kasih atas penilaian dari warga terhadap penyelenggaraan pemerintahan, diakuinya masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Di hadapan warga dirinya berjanji akan secara terus menerus melakukan perbaikan dari waktu ke waktu. (MN_86)

Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar