Marrin News

Buka Tes SKD, Sekda Pastikan Pelaksanaan Seleksi di Kota Tual Sesuai SOP


Sekretaris Daerah Kota Tual A. Yani Renuat. S.Sos., M.Si saat membuka Seleksi Kompetensi Dasar (SDK) 




Tual, Marrinnews.com.- Sekretaris Daerah Kota Tual A. Yani Renuat. S.Sos., M.Si secara resmi membuka Seleksi Kompetensi Dasar (SDK) yang berlangsung di Ruang CAT BKPSDM Lantai II Tanah Putih pada Sabtu (8/02/2020).

"Perlu disampaikan bahwa, jumlah pelamar tahun ini mencapai 1.764 orang, sedangkan yang dinyatakan lulus seleksi administrasi sebanyak 1.689 orang sekaligus berhak mengikuti tahapan seleksi kompetensi dasar pada hari ini," Jelasnya.

Lebih lanjut ia katakan dalam SKD ini, masing-masing peserta akan melalui sejumlah pemeriksaan, baik pemeriksaan pada gerbang pendaftaran, pemeriksaan sebelum memasuki ruang  tunggu, maupun pemeriksaan saat akan memasuki ruang tes.

"Pemeriksaan secara ketat ini, bukan hanya berlaku di Kota Tual tetapi merupakan Standar Operasional Prosedur (SOP) penyelenggaraan SKD secara Nasional," Ungkapnya.

Peserta tes SKD di periksa sebelum memasuki ruangan test oleh Anggota Kepolisian Resort Maluku Tenggara

Hal ini dimaksudkan guna menjaga aspek transparansi, objektifitas dan akuntabilitas pelaksanaan seleksi, Selain proses pemeriksaan secara bertahap bagi masing-masing peserta, terdapat pula standar pelaksanaan CAT yang berlaku secara nasional, baik berupa pengamanan soal-soal secara nasional yang melibatkan Lembaga Sandi Negara, BPKP, pihak Inspektorat serta Quality Control dari Panselnas. Dengan demikian hasil seleksi yang diperoleh, merupakan hasil murni sesuai kemampuan masing-masing peserta.

"bahkan dalam seleksi kali ini, dimana  peserta kita sedang menyelesaikan soal dalam ruang CAT, dalam waktu bersamaan
masyarakat luas dapat menyaksikan langsung perolehan nilai mereka melalui layar monitor yang telah disediakan atau melalui stasiun TV Maren di rumah masing-masing," Ungkapnya.

Hal ini sambungnya, mencerminkan bahwa sistem rekrutmen CPNS dengan menggunakan CAT, merupakan metode yang terhandal, transparan dan akuntabel serta merupakan metode terbaik untuk menghasilkan aparatur negara yang berkompeten. (MN_86).


Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar