Marrin News

PLT BKPSDM: Simulasi merupakan terobosan Pemkot Untuk Melatih CPNSD


PLT BKPSDM Kota Tual Drs.H.Abdulah Notanubun. M.Si

Tual, Marrinnews.com.-Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kota Tual menggelar simulasi sistem Computer Asissted Test (CAT) kepada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2020 yang berlangsung di Ruang CAT BKPSDM Lantai II Tanah Putih pada Senin (20/01/2020).

“Pelaksanaan Simulasi juga melibatkan 3 orang yang merupakan Tim Verifikasi “IT” yang berasal dari BKN makasar dan Pusat,” Ujar Pelaksana Tugas (PLT) BKPSDM Kota Tual Drs. H.Abdulah Notanubun. M.Si.

Dijelaskannya Tim verifikasi yang hadir saat ini berkompoten dalam bidang Teknologi Informasi (Ti) yang mana telah meninjau ruangan tes serta melihat langsung pelaksanaan simulasi dan menyatakan perangkat yang digunakan dalam tes CAT Kota Tual telah representatif.

“Simulasi tes CAT sendiri merupakan terobosan karena merupakan program tambahan yang di lakukan Pemerintah Kota Tual yang bertujuan memberikan pemahaman dini kepada CPNSD sehingga pada saat pelaksanaan nanti dapat lebih maksimal,” Jelasnya.

Lebih lanjut dikatakanya simulasi sendiri dilakukan  berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan pada tes CPNSD sebelumnya dimana masih terdapat peserta yang belum melek teknologi sehingga Pemerintah Kota Tual merasa perlu adanya pelatihan serta pengenalan lebih dini guna nantinya lebih siap dan maksimal.

“Setelah pelaksanaan Simulasi para peserta diharapkan dapat mempersiapkan diri dengan lebih giat dan tekun dalam belajar mengingat akan ada ratusan ribu soal dimana BPKSDM Kota Tual sendiri tidak mengetahuinya,” Ajaknya.

Dijelaskanya  saat ini sebanyak 100 perangkat komputer yang telah siap digunakan untuk 1672 peserta pada tes CPNSD Kota Tual yang akan dilaksanakan pada bulan Februari 2020. Untuk soal sendiri sambungnya sangat rahasia karena dipantau langsung secara ketat oleh Tim Cyber dan Tim sandi negara sehingga soal nantinya berbeda bagi setiap peserta.


“Saat ini server belum terisi soal, nantinya H-2 baru server dari BKN pusat yang dibawah oleh tim pengawas tiba, H-1 baru server di isi soal dan hanya bisa diketahui oleh peserta saat memasukan identitas diri pada saat tes berlangsung,” Terangnya. (MN_86)
Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar