Marrin News

Wali Kota Serahkan 522 Paket Bantuan Kepada 146 Kelompok

Wali Kota Tual Adam Rahayaan S.Ag., M.Si. saat menyerahkan bantuan kepada perwakilan Kelompok

Tual, Marrinnews.com.- Dinas Perikanan Kota Tual menggelar Pemberian bantuan sarana penangkapan ikan, budidaya rumput laut dan pemasaran hasil perikanan kepada nelayan pembudidaya dan pemasar di Kota Tual yang bersumber dari dana Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2019 yang berlangsung di halaman Kantor Dinas Perikanan Kota Tual pada Kamis (21/11/2019). 

Wali Kota Tual Adam Rahayaan, S. Ag., M.Si. dalam arahan sebelum penyerahan bantuan mengatakan Kota Tual secara kontinyu melaksanakan program dan kegiatan dalam pengembangan usaha dan pengurangan penggangguran terutama dari bidang usaha perikanan.

"Hal ini telah dibuktikan dengan adanya 583 kelompok Pembudidaya (Pokdakan), 204 kelompok Pengolah dan Pemasar hasil perikanan (Poklahsar), 538 kelompok Nelayan (KUB), 285 Asuransi Nelayan dan 1.392 Kartu Kusuka (Kartu Pelaku Usaha Perikanan) yang telah mendapatkan bantuan sampai dengan tahun 2018, " Rincinya.
 
Wakil Walikota Usman Tamnge saat penyerahan Bantuan
Lebih lanjut dikatakannya untuk tahun 2019 di distribusikan bantuan untuk 82 kelompok Pokdakan, 31 KUB, dan 23 kelompok Poklahsar, 100 Sertifikat Hak Atas Tanah Nelayan, 100 Kartu Kusuka (Kartu Pelaku Usaha Perikanan)dan 510 Asuransi Nelayan.

"Peningkatan usaha perikanan sangatlah penting, karena hal ini menentukan perkembangan dan kemajuan usaha tersebut dalam Upaya peningkatan meliputi SDM, Teknologi, Modal, Pemasaran dan Fasilitas Usaha, " Ujarnya.

Salah satu upaya untuk meningkatkan usaha perikanan ialah dengan pemberian bantuan dalam bentuk sarana dan prasarana perikanan. Oleh karenanya, sambungnya dirinya baik pemerintah Pusat maupun Pemerintah Kota Tual tidak pernah berhenti berupaya membantu Masyarakat perikanan dengan jalan memberikan bantuan sarana perikanan.

"Untuk diketahui penerima bantuan tahun 2019 yang akan diserahkan pada hari ini bersumber dari 3 OPD yaitu Dinas Perikanan, bantuan sarana penangkapan ikan, budidaya perikanan, pengolahan dan pemasaran hasil perikanan sebanyak 136 Paket, Dinas Perdagangan dan perindustrian, bantuan Sarana Perdagangan dan Industrisebanyak 265 Paket dan Dinas Koperasi dan UKM, 82 Paket sarana penunjang budidaya rumput laut," Paparnya.
 
Ketua DPRD Kota Tual Hasan S Borut saat menyerahkan bantuan
Dirinya berharap semoga di waktu mendatang, Pemerintah pusat dan Daerah terus memberikan bantuan sejenis bagi pelaku usaha perikanan, perdagangan, industri kecil, koperasi dan UKM diKota Tual, Walaupun Pembangunan perikanan masih menemui beberapa hal yang perlu diatasi secara komprehensif dan terarah.

"Pertama permasalahan struktur usaha perikanan yang masih berskala kecil ini mengakibatkan nelayan, pembudidaya dan pengolah sangat terbatas dan berpengaruh terhadap produksi maupun pendapatan yang diperoleh kedua belum tersedianya sarana dan prasarana produksi yang representatif bagi nelayan, pembudidaya dan pengolah ketiga Terbatasnya pengetahuan/ketrampilan nelayan, pembudidaya dan pengolah serta terbatasnya permodalan, " Terangnya

Untuk itu Berbagai permasalahan tersebut menjadi tugas dan tanggungjawab Dinas Perikanan Kota Tual dalam menyelenggarakan fungsi perumusan kebijakan teknis di bidang perikanan. Sehingga diharapkan secara bertahap akan selalu diupayakan guna menjawab dan mengatasi kekurangan-kekurangan tersebut, sehingga pengembangan sektor perikanan lambat laun dapat terus berkembang sesuai dengan Visi Pembangunan Kota Tual yaituterwujudnya Kota Tual Sebagai KOTA BERADAT (Beriman, Ekonomi Kerakyatan, Responsif, Akuntabel, Demokrasi, Amanah dan Transparan).
 
Foto bersama

"Penyerahan paket bantuan kepada masyarakat melalui Dinas Perikanan, Dinas Koperasi dan UKM serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tual dapat dimanfaatkan dan dikelola secara baik agar berdaya guna dalam meningkatkan usaha perikanan, perdagangan, industri kecil, koperasi dan UKM di Kota Tual yang pada gilirannya mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan Masyarakat Kota Tual, " Tutupnya. (MN_86).

Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar