Marrin News

“KOTAKU” Gelar Lokakarya Strategi Pengentasan Pemukiman Kumuh

Sekretaris Bapeda Subhan Labetubun dan Ketua Pokja PKP Fahry Rahayaan saat menyampaikan Materi 

Tual, Marrinnews.com.- Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) menggelar Lokakarya strategi kolaborasi penuntasan kawasan permukiman Kumuh yang berlangsung selama satu hari dengan melibatkan stakeholder di restoran pelangi pada  Sabtu 2 November 2019.

Pantauan media ini dalam pelaksanaan lokakarya menggunakan dua metode yakni paparan dan diskusi dengan nara sumber diantaranya Sekretaris Bappeda dan Ketua Pokja Fahry Rahayaan.

Sambutan Wali Kota Tual Adam Rahayaan S,Ag. M,Si yang diwakili Asisten 1 Rini Atbar sekaligus membuka lokakarya, dihadapan Direktur Politeknik Tual, OPD Lingkup Kota Tual, LSM, OKP, Swasta, Insan Pers dan Tim Kotaku mengatakan  Tahun 2019 tantangan untuk menuntaskan "kumuh" semakin tinggi dan  sangat kompleks sehingga tidak hanya dapat dilakukan secara parsial, akan tetapi harus dilakukan penanganan secara komprehensif yang melibatkan berbagai multi actor dan sector.

“keterlibatan berbagai pihak secara bahu membahu, diharapkan memberikan dampak positif, antara lain meningkatkan komitmen pemerintah daerah dalam pencapaian Kota layak huni dan meningkatkan rasa memiliki dan tanggungjawab masyarakat dalam memanfaatkan dan memlihara hasil pembangunan,” Ujarnya.

Dirinya berharap kepada seluruh pemangku kepentingan sesuai tugasnya masing-masing dapat melakukan langkah-langkah koordinasi tidak hanya antar OPD namun harus lebih luas lagi meliputi pemerintah, swasta,tokoh masyarakat LSM/ perguruan tinggi dan stakeholder lainnya dibawah kendali POKJA Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) Kota Tual.

Pada kesempatan ini, saya mengajak semua pihak agar dapat menjadikan lokakarya ini sebagai momentum dimulainya kesadaran kolektif untuk menata lingkungan permukiman yang lebih baik,” Ajaknya.

Dirinya berharap Lokakarya juga menjadi langkah strategis yang memungkinkan terbukanya ruang kerjasama dan keterlibatan multi sector dalam mendukung upaya pemerintah mewujudkan kota layak huni dan berkelanjutan.


“Untuk itu saya harapkan kepada semua peserta untuk mengikuti dengan baik dan cermat lokakarya ini dalam keseluruhan prosesnya,” Pintanya. (MN_86)

Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar