Marrin News

2020, SD Dan SMP di Tual Terapkan Muatan Lokal Bahasa Kei

Kadis Dikbud M. Zein Renhoat. S,Pd.I.

Tual, Marrinnews.com,.- Sadar maupun tidak, kebudayaan Kei kekinian mengalami degradasi.  Dalam hal ini penggunaan bahasa Kei di masyarakat saat ini jarang didengar, bahkan orang  Kei sendiri sudah tidak bisa menuturkannya, sehingga dikuatirkan semakin lama akan hilang. Hal tersebut sampaikan Kadis Dikbud M. Zein Renhoat. S,Pd.I.

“Suatu  suku dia  akan hilang dengan sendirinya apabila budaya serta bahasa itu sudah tidak lagi dipraktikkan dalam kehidupan kesehariannya, karena bahasa merupakan identitas sebuah daerah dan bangsa sehingga apabila dipertahankan maka keberadaannya ada selamanya,” Jelas Renhoat dalam sambutan sebelum membuka kegiatan penyusunan muatan lokal yang berlangsung di aula SMP Negeri 1 Tual pada Rabu (6/11).

Lebih lanjut dikatakannya, lewat kegiatan ini diharapkan pada tahun pelajaran 2020-2021 di Kota Tual sudah menerapkan kurikulum muatan lokal bahasa Kei pada tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Untuk itu bagi kepala sekolah agar memastikan guru muatan lokal adalah orang Kei sehingga memudahkan dalam proses belajar mengajar,” Tegasnya.


Setelah penerapan muatan lokal bahasa Kei sambungnya, nantinya akan ditetapkan hari tertentu di sekolah, di mana guru dan murid wajib menggunakan bahasa kei dalam berkomunikasi.

“Insya  allah dengan segala upaya dari kita serta adanya kesadaran bersama dalam melestarikan bahasa Kei, maka keberadaan suku Kei dengan sendirinya dapat bertahan dan tak hilang oleh perkembangan zaman,” Ungkapnya.


Untuk itu dirinya berharap kepada peserta yang berasal dari SD dan SMP se Kota Tual agar dalam mengikuti kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari bisa fokus dan serius. (MN_86)

Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar