Marrin News

Lirik Sektor Perikanan, Bupati Garut Berkunjung ke Kota Tual

ABupati Garut Rudy Gunawan, SH, MH saat tiba di Bandara Karel Sadsuitubun Langgur pada Rabu 30/10/2019


Tual, Marrinnews.com.- Pemerintah Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat dalam upaya kerjasama di bidang Perikanan bersama Pemerintah Kota Tual, Bupati Garut Rudy Gunawan SH MH bersama Rombongan tiba di Bandara Karel Sadsuitubun Ibra pada  Rabu 30 Oktober 2019.

Pantauan media ini rombongan saat tiba dijemput oleh Wali Kota Tual Adam Rahayaan S,Ag. M,Si, Wakil Wali Kota Tual Usman Tamnge, Sekda Kota Tual A Yani Renuat S,Sos. M,si bersama Pimpinan OPD Lingkup Kota Tual. Rombongan kemudian disambut dengan pengalungan kain tenun kei serta tarian dan langsung melanjutkan makan siang di pantai ngur bloat.
 
Pengalungan Kain Tenun 
Bupati Garut Rudy Gunawan SH MH saat di wawancarai terkait kunjungan mengatakan kehadirannya dalam rangka upaya menjajaki kerjasama daerah pada sektor Perikanan, hal ini mengingat di Garut sendiri selain terdapat industri pengolahan udang dan ikan juga memiliki Nelayan kurang lebih 400 ribu orang.

“Jumlah penduduk di Kabupaten Garut sebanyak 2,7 Juta jiwa dengan nelayan 400 ribu orang, jika kedua Daerah ini menjalin MoU maka Pemerintah Garut akan menyiapkan sumber daya manusia dan Industri " Jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya Kota Tual dengan jumlah penduduk dan nelayan yang masih terbatas tentunya membutuhkan kerjasama dalam mengolah sumber daya alamnya. Jika ada kesepakatan terkait kerjasama maka dirinya akan mendatangkan Nelayan asal Garut di Kota Tual.

"Jika nanti usahanya sudah berkembang kami akan membantu mendorong pembangunan industri berbasis usaha kecil dan menengah di Kota Tual," Ujarnya.

Menurutnya dengan berkolaborasi antar kedua daerah dalam mengelola sumber daya di bidang Perikanan diyakininya dengan cara inilah kedua daerah ini bisa maju dan mengejar ketertinggalan lewat sumber daya alam yang dimiliki.


"Apabila kerjasama ini disepakati maka tidak lama lagi saya akan kembali ke sini dengan Ketua ketua Kelompok Nelayan," Tutupnya. (MN_86)

Editor : Ridwan Kalengkongan

Baca Juga

Masukkan Kata Kunci atau ESC Untuk Keluar